TIPS BERHENTI MEROKOK DI BULAN RAMADHAN

user
adminoke 07 Mei 2020, 20:14 WIB
untitled


Oleh Rosita

Ramadhan merupakan bulan suci penuh berkah, setiap hal positif yang dilakukan merupakan ibadah. Bulan ramadhan juga merupakan momentum yang sangat bagus untuk para perokok yang ingin berhenti merokok.

Di indonesia sendiri banyak sekali orang yang ingin berhenti merokok, tetapi mereka tidak tau bagaimana cara melawan kecanduan rokok tersebut. Sehingga mereka terus mengkonsumsinya dan akhirnya menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh mereka, yang lebih ironisnya lagi para perokok tidak hanya membahayakan diri mereka sendiri, tetapi juga membahayakan orang sekitar mereka yang tidak sengaja ikut menghisap asap rokok tersebut.

Jika dilihat dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdes) tahun 2013, prevalensi perokok laki-laki di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia dan diprediksi lebih dari 97 juta penduduk Indonesia terpapar asap rokok. Kecenderungan peningkatan prevalensi merokok terlihat lebih besar pada kelompok anak-anak dan remaja, Riskesdas 2018 menunjukan bahwa terjadi peningkatan prevalensi merokok penduduk usia 18 tahun dari 7,2% menjadi  9,1%. Melihat hal ini maka Indonesia merupakan negara yang darurat asap rokok.

Peningkatan perokok yang terjadi pada anak-anak dan remaja umumnya karena salah pergaulan atau rasa penasaran dan kemudian coba-coba dimana pada akhirnya mereka kecanduan sehingga terus mengkonsumsi rokok.

Dikutip dari alodokter.com, kecanduan ini disebabkan oleh adanya Nikotin yang merupakan zat kimia di dalam tembakau yang membuat seseorang terus ingin merokok. Setiap kali seseorang merokok nikotin akan diserap darah dan menuju otak. Setelah berada diotak nikotin akan meningkatkan pelepasan dopamin, zat kimia yang berfungsi membantu memperbaiki suasana hati dan menimbulkan rasa puas.

Banyak sekali resiko yang  akan dialami oleh pecandu rokok diantaranya, terkena serangan jantung, stroke, kanker mulut, asam lambung, penuaan dini, mengurangi kesuburan sistem reproduksi, kanker serviks, gangguan psikologis, dan yang paling berbahaya adalah kanker paru-paru.

Kajian Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Tahun 2015 menunjukkan Indonesia menyumbang lebih dari 230.000 kematian akibat konsumsi produk tembakau setiap tahunnya. Globocan 2018 menyatakan, dari total kematian akibat kanker di Indonesia, Kanker paru menempati urutan pertama penyebab kematian yaitu sebesar 12,6%.

 Berdasarkan data Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan 87% kasus kanker paru berhubungan dengan merokok.
Tips mulai hidup sehat tanpa asap rokok dibulan ramadhan, berikut hal yang harus kamu lakukan jika ingin berhenti merokok di bulan penuh berkah ini.

Persiapkan niat dan mental, segala sesuatu yang akan kita lakukan harus didasari dengan niat agar apa yang kita inginkan dapat tercapai dengan mudah dan pastinya juga harus di iringi dengan kekuatan mental, memang awalnya kita akan merasa sangat sulit dalam mengontrol hawa nafsu, tapi jika anda sudah ada niat siap mental dan konsisten pada komitmen, pasti akan berhasil.

Berhenti perlahan, bagi beberapa orang pasti sangat sulit jika langsung berhenti seketika, untuk itu disarankan berhenti secara bertahap, mengurangi konsumsi rokok, misalnya sehari anda habis lebih dari sebungkus, maka dibulan ramadhan anda cukup meengkonsumai rokok 1 atau 2 batang saja.

Jangan merokok setelah berbuka, isilah waktu berbuka anda dengan makan makanan yang sehat, agar stamina tubuh anda kembali normal. Jika anda memang sangat ingin merokok sebaiknya anda merokok setelah sahur.

Tidak membawa rokok saat beraktivitas, hawa nafsu sangat sulit untuk ditahan, akan lebih baik jika anda tidak membawa rokok saat beraktivitas, karena jika anda bawa saat anda inginkan anda bisa dengan mudah mendapatkan rokok dan hal ini membuat anda untuk merokok dan membatalkan puasa. Jika rokok tersebut sulit untuk didapat maka puasa anda akan aman-aman saja.

Mulai lah dari sekarang, jangan menunda hal yang baik lakukan lah segera, jika memang anda sudah punya niat yang mantap tinggal jalani saja, jangan takut untuk mencoba memang akan terasa sulit tapi tidak ada usaha yang menghianati hasil.

Melihat banyak sekali dampak buruk bagi para perokok, apakah anda tetap ingin merokok?, ingat...! jika anda sayang orang disekitar anda, tinggalkan rokok dan mulai lah pola hidup yang sehat, dan anda bisa menerapkan tips-tips diatas. Menangkan bulan ramadhan mu dengan berhenti merokok selamanya.

Kredit

Bagikan