Panduan baik mencegah covid-19

user
adminoke 06 Mei 2020, 06:40 WIB
untitled

Panduan baik mencegah covid-19

IKKE NOVITA SARI


VIRUS Corona atau covid-19 rupanya masih sangat marak terjadi di dunia, terlebih peningkatan kasus pun cukup cepat seperti yang terjadi di Indonesia. Berawal dari 2 warga Depok, Jawa barat seorang ibu dan anak setelah berinteraksi langsung dengan warga Jepang yang terjangkit virus Corona. Lalu berlanjut ke kasus-kasus lainnya, mulai dari warga Indonesia yang baru pulang dari luar negeri, para pejabat yang selesai melakukan dinas keluar kota, tenaga medis yang tertular pasien di rumah sakit hingga mencapai terkonfirmasi positif lebih dari 10.118, sembuh 1.522 dan meninggal 792 di seluruh Indonesia. 


Meskipun begitu para peneliti di dunia tetap gencar mencari dan terus mengupayakan serangkaian uji tes vaksin menekan penyebaran virus corona, dan telah menguji vaksin covid-19 ini ke manusia,yaitu negara Inggris, Amerika serikat, China, rusia dan jerman.

Maka dari itu selagi menunggu hasil baik yang dilakukan peneliti ada baiknya kita melakukan upaya pencegahan dari diri sendiri, guna mengurangi peningkatan jumblah positif di dunia maupun negara, mengikuti upaya dari pemerintah selain sosial distancing dan memakai masker, kita juga dapat melakukan 8 cara sederhana yang dapat dilakukan di lakukan di rumah,

1. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, keringkan mengunakan kain yang bersih atau tisu.

2. Hindari menyentuh wajah, karena virus Corona dapat masuk ke tubuh manusia melalui segitiga wajah yakni mata, hidung, dan mulut.

3. Etika bersin dan batuk, mengunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih.

4. Hindari interaksi langsung seperti berpelukan, berjabat tangan, dan lainnya.

5. Hindari berbagi barang pribadi sebab meskipun tak nampak gejala, virus ini dapat menginfeksi tubuh manusia hingga berstatus sebagai silent Cartier yang membawa dan menularkan virus corona covid-19 kepada orang lain.

6. Cuci bahan makanan. Sebab, pada bahan makanan selalu saja terdapat kemungkinan adanya kuman, bakteri, hingga virus Corona.

7. Bersihkan perabotan rumah, virus Corona dapat menempel pada permukaan benda yang sering terjadi interaksi.

8. Tingkatkan imun tubuh. Meningkatkan aktivitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, misalnya buah, sayur dan lainnya.

Semoga dengan informasi upaya ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita semua dalam mengambil tindakan antisipasi penyebaran virus Corona covid-19. Tetap semangat, ambil hikmah serta pahami pelajaran hidup yang diberi dan didapat saat kondisi dunia seperti ini.


Kredit

Bagikan