Pecinta otomotif Jayapura sosialisasi protokol kesehatan

oleh -230 pembaca
ilustrasi

Jayapura, KRSUMSEL.com – Pecinta otomotif jenis Jeep yang tergabung dalam Komunitas Vitara, Escudo, dan Sidekick (VES) Jayapura membantu pemerintah menyosialisasikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 kepada pedagang dan masyarakat umum.

Ketua Umum Komunitas VES Jayapura Darwin Rumbiak di Jayapura, Sabtu, mengemukakan sejak komunitas ini berdiri, pihaknya gencar melakukan kegiatan-kegiatan bakti sosial untuk membantu pemerintah di tengah pandemi COVID-19.

“Hal pertama yang kita lakukan adalah kita bersama Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan sosialisasi kepada saudara-saudara kita yang pada saat itu banyak terpapar COVID-19 di wilayah Pasar Abe,” katanya.

Pihaknya terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada para pedagang di pasar, yang artinya mereka boleh berjualan tetapi harus menggunakan masker dan rajin mencuci tangan, setelah beraktivitas.

“Jadi, kita menyosialisasikan cara menerapkan protokol kesehatan waktu pergi dan setelah pulang, maupun beraktivitas harus menggunakan masker, juga demikian dengan warga yang ke pasar,” ujarnya.

Sosialisasi bukan hanya disampaikan kepada para pedagang, tetapi juga kepada masyarakat yang datang ke pasar untuk berbelanja.

Selain melakukan sosialisasi, VES Jayapura Community juga membagi-bagikan masker secara gratis kepada masyarakat.

“Pembagian masker ini diprakarsai langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Waktu itu aktivitas kami menuju Pasar Tradisional Yotefa Abepura, dilepas oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Robby Kayame,” katanya.

Ia mengatakan jumlah armada yang waktu itu pergi sekitar 30-an unit. Setelah melakukan sosialisasi, dilanjutkan dengan bakti sosial yakni mengantar bantuan kepada korban yang mengalami kebakaran di Dok IX Jayapura.

Pihaknya juga menyosialisasikan protokol kesehatan tentang bagaimana menggunakan masker dan mencuci tangan secara benar.

Pada 28 Oktober lalu, pihaknya bersama beberapa komunitas lainnya bekerja sama dengan Dinas Pariwisata melihat sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa ada lokasi baru tempat pemandian air panas, tetapi juga menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada masyarakat.

“Sebelumnya, pada 17 Agustus 2020 lalu, kami juga melaksanakan kirab bendera Merah Putih dari komunitas kendaraan otomotif bersama-sama dengan beberapa teman-teman komunitas lainnya,” ujarnya.

Waktu itu, komunitasnya bersama komunitas lainnya menyosialisasikan 17 Agustus kepada masyarakat untuk cinta negeri.

“Jadi, kami mau menyampaikan kepada masyarakat bahwa komunitas VES hadir bukan hanya hobi tetapi membantu pemerintah sekaligus memberikan kegiatan-kegiatan positif sekaligus membina anak muda untuk tidak asal ugal-ugalan tetapi bagaimana bisa tertib lalu lintas,”ujarnya.

Ia mengemukakan komitmen pihaknya mendukung kebijakan pemerintah.

“Kami dari komunitas VES Jayapura siap menyukseskan apa saja yang menjadi kebijakan pemerintah untuk membantu menopang sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah wajib dilaksanakan oleh masyarakat. PON XX yang akan dilaksanakan pada 2021 juga kami siap sukseskan,” tambah dia. (anjas)