Yamaha NMAX Olinya Berubah Merah Saat Pakai Pertamax Turbo, Ternyata Ini Penyebabnya!

user
adminoke 28 Juni 2020, 12:14 WIB
untitled

KR Sumsel - Dalam Webinar yang diselenggarakan OTOMOTIF Group pada hari Sabtu (27/6), Prof. Dr.Ing. Ir, Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, sempat sharing kasus unik pada Yamaha NMAX.

“Waktu itu teman-teman komunitas NMAX, saat pertama muncul kan masih ada bensin RON 95 produk Pertamina. Mereka enggak mau isi Pertamax, maunya Pertamax Plus (RON 95),” tutur Prof. Yus, sapaan akrabnya.

Namun, lanjut Prof. Yus, setelah Pertamax Plus dihapus oleh Pertamina dan diganti dengan Pertamax Turbo dengan angka oktan lebih tinggi (RON 98), para pengguna NMAX itu pun beralih pakai Pertamax Turbo.

“Saat itu banyak tuh keluhannya. Pak ini kok kenapa oli saya jadi warna merah. Coba, kira-kira datang dari mana merah?” ucap Prof. Yus balik nanya pada peserta Webinar.

“Dari bahan bakar ya pak,” jawab rekan dari Gridoto.com yang bertindak jadi host dalam acara tersebut.

“Iya, warna merah itu dari warna Pertamax Turbo. Pertanyaannya, lah kok bisa warna bahan bakar masuk ke oli. Berarti ada (bahan bakar) yang tidak terbakar, sehingga turun ke bawah dan warnanya ikut mewarnai oli yang tadinya kuning,” jelas Prof. Yus.

Ia pun lantas lontarkan pertanyaan, kira-kira kelirunya dimana?

“Artinya jika ada (bahan bakar Pertamax Turbo, red) yang tidak habis terbakar, timing pengapiannya kurang menjauh dari Titik Mati Atas (TMA, red),” ungkapnya.

Dengan kata lain, setting-an mesin pada Yamaha NMAX, terutama timing pengapiannya, tidak mencukupi untuk pemakaian Pertamax Turbo, alias kurang mundur (menjauhi TMA).

Seperti yang diulas pada artikel sebelumnya, Prof. Yus mengatakan bahwa pemakaian bahan bakar dengan angka RON yang tidak sesuai dengan setting-an mesin, justru akan membuat performa jadi menurun, termasuk bila pakai yang RON lebih tinggi.

Tuh sob, jadi pakai bahan bakar oktan tinggi tidak menjamin mesin bakal makin joss. Malah bisa timbul masalah kan!

Tapi untuk Yamaha NMAX generasi terbaru (All New), konon katanya justru lebih bagus menggunakan Pertamax Turbo, karena diklaim timing pengapiannya sudah disesuaikan.

Sumber Link

Kredit

Bagikan