3 Fakta Timnas Thailand Setelah Menjadi Juara Piala AFF 2022: Sang Raja ASEAN!

user
Budiman 17 Januari 2023, 08:13 WIB
untitled

Krsumsel.com - Menghadapi Timnas Vietnam pada laga final leg kedua Piala AFF 2022, Senin (16/1/2023), Changsuek alias Gajah Perang menang 1-0.

Timnas Thailand menang 3-2 atas Timnas Vietnam dalam laga final yang berlangsung dua leg. Sebelumnya pada leg pertama, kedua tim bermain imbang 2-2 di Stadion My Dinh.


Gol kemenangan Timnas Thailand pada laga final leg kedua final Piala AFF 2022 dicetak oleh kapten mereka, Theerathon Bunmathan. Tendangan kencang kaki kanan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Theerathon gagal ditahan kiper Vietnam, Dang Van Lam.

Timnas Vietnam kesulitan menciptakan peluang berbahaya pada laga ini. Hanya dua tembakan yang mengarah ke gawang yang diciptakan tim asuhan Park Hang-seo pada pertandingan ini.

Tiga fakta menarik mengenai keberhasilan Timnas Thailand menjadi juara Piala AFF 2022. Simak ulasannya di bawah ini.

 
Raja ASEAN
Keberhasilan Timnas Thailand menjadi juara Piala AFF 2022 ini kian menegaskan Changsuek sebagai raja sepak bola ASEAN.

Gelar juara pada Piala AFF 2022 ini merupakan gelar ketujuh yang mereka raih dalam sejarah Piala AFF. Hanya Timnas Singapura yang mendekati catatan Thailand.

The Lions meraih empat gelar juara Piala AFF. Gelar terakhir mereka raih pada edisi Piala AFF 2012.

Timnas Thailand pun mempertahankan gelar juara yang mereka raih pada Piala AFF 2022. Saat itu tim asuhan Alexandre Polking mengalahkan Timnas Indonesia di babak final.


Prestasi Komplet
Timnas Thailand tak hanya meraih gelar juara Piala AFF 2022. Tim asuhan Alexandre Polking juga meraih beberapa gelar individu.

Teerasil Dangda bersama dengan penyerang Timnas Vietnam Nguyen Tien Linh meraih gelar top skorer. Keduanya sama-sama mencetak enam gol.

Sementara itu Theerathon Bunmathan sukses meraih gelar pemain terbaik. Penampilan pemain berusia 32 tahun itu memang spesial di sepanjang turnamen.


Gagal Kalahkan Timnas Indonesia
Timnas Thailand boleh saja meraih gelar juara di Piala AFF 2022. Namun, Timnas Indonesia bisa sedikit berbangga.

Ketika menghadapi Timnas Indonesia pada babak grup Piala AFF 2022, Timnas Thailand hanya bisa meraih hasil imbang 1-1.

Gol Timnas Indonesia dicetak Marc Klok lewat babak adu tendangan penalti saat itu. Sementara gol Timnas Thailand dicetak oleh Sarach Yooyen.(*)

 

 

 

SUMBER

Kredit

Bagikan