Piala Dunia 2022: Singkirkan Korea Selatan, Brasil Hadapi Kroasia di Perempat Final

user
Budiman 06 Desember 2022, 08:04 WIB
untitled

Krsumsel.com -  yang digelar di Stadium 974, Doha, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Selecao bakal berhadapan dengan Kroasia di babak perempat final.

Dalam pertandingan ini 16 besar Piala Dunia 2022 ini, Brasil mampu membuat gawang Korea Selatan empat kali bobol dalam waktu kurang dari 40 menit. Selecao bahkan sudah unggul pada menit ketujuh ketika melepaskan shot on target pertama dalam laga ini.


Vinicius Junior adalah pemain yang mencetak gol pertama dalam pertandingan ini pada menit ketujuh. Kemudian Neymar menggandakan keunggulan lewat eksekusi penalti pada menit ke-13. Ini menjadi gol ke-76 bagi Neymar bersama Timnas Brasil.

Richarlison kemudian menambah keunggulan Brasil lewat gol pada menit ke-29. Sementara Lucas Paqueta melengkapi pesta dengan gol yang dicetak pada menit ke-36.

Korea Selatan berhasil mencetak satu gol balasan pada babak kedua lewat Paik Seung-ho yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-77. Kedudukan 4-1 pun bertahan hingga laga usai.

Kemenangan Brasil atas Korea Selatan membuat Selecao akan berhadapan dengan Kroasia yang sudah menunggu di perempat final Piala Dunia 2022. Kroasia lolos ke perempat final setelah menyingkirkan Jepang lewat adu penalti. Bermain imbang 1-1 dalam waktu normal dan tambahan, Kroasia akhirnya menang 3-1 dalam babak tos-tosan.

Berikut jalannya pertandingan antara Brasil dan Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022:


Langsung Unggul 4 Gol dalam 45 Menit Pertama
Brasil langsung mencetak gol pada momen shot on target pertama dalam pertandingan ini. Vinicius Junior membuka keunggulan saat laga baru berjalan tujuh menit.

Berawal dari pergerakan Raphinha di sisi kanan yang bermain satu dua dan kemudian mengumpan kepada Neymar, bola kemudian tak bisa dimaksimalkan bintang PSG itu karena tekanan yang diberikan pertahanan Korea Selatan.

Namun, Vinicius Junior berhasil melepaskan tembakan indah di antara lima pemain Korsel dan mengoyak jala gawang lawan.

Unggul begitu cepat, Brasil mendapatkan kesempatan untuk bisa menggandakan keunggulan setelah Richarlison dilanggar di kotak penalti Korea Selatan pada menit ke-11.

Neymar yang maju menjadi eksekutor pada menit ke-13 menjalankan tugasnya dengan baik untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0 dan mencatat gol ke-76 untuk Brasil sepanjang kariernya.

Brasil pun masih menambah keunggulannya menjadi 3-0 pada menit ke-29. Richarlison mencatatkan namanya lagi di papan skor yang menerima umpan terobosan yang sempurna dari Thiago Silva dan dengan mudah menceploskan bola melewati Kim Seung-gyu.

Pesta Brasil di babak pertama pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 ini belum berakhir. Pada menit ke-36, giliran Lucas Paqueta yang berselebrasi setelah mencetak gol perdananya di Piala Dunia.

Menerima umpan dari Vinicius Junior yang mengangkat bola dari sisi kiri, pemain bernomor punggung 7 itu langsung menyambut dan melepaskan tembakan voli yang mengoyak jala gawang Korea untuk keempat kalinya dalam pertandingan ini.

Keunggulan 4-0 pun menjadi akhir dari babak pertama. Unggul 4 gol dalam 45 menit pertama, tampaknya pesta Brasil masih akan berlanjut pada babak kedua.


Korea Bermain Lebih Baik pada Babak Kedua
Namun, Korea Selatan memberikan perlawanan yang cukup ketat di babak kedua 16 besar Piala Dunia 2022. Brasil tidak mudah menambah pundi-pundi golnya pada awal babak kedua.

Justru pada akhirnya Korea Selatan berhasil memecah kebuntuan mereka dan membuat kedudukan menjadi 1-4 lewat gol yang dicetak Park Seung-ho pada menit ke-77.

Memanfaatkan bola rebound dari situasi set-piece yang dihalau lini pertahanan Brasil, Paik Seung-ho melepaskan tembakan dari jarak jauh yang tak mampu dihalau oleh Alisson.

Setelah kebobolan, Tite melakukan pergantian pemain yang cukup mengejutkan. Tak hanya menarik keluar Neymar yang digantikan oleh Rodrygo Goes, sang penjaga gawang Alisson Becker juga ditarik keluar dan Tite memberikan kesempatan kepada Weverton.

Setelah mencetak gol, Korea Selatan cukup sering melakukan serangan ke lini pertahanan Brasil. Namun, Selecao juga bermain cukup solid dan berusaha mempertahankan ritme permainan sesuai dengan yang mereka inginkan.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan tercipta. Brasil menang 4-1 dalam pertandingan ini dan melangkah ke perempat final. Pada laga selanjutnya, Kroasia akan menjadi lawan Brasil.


Susunan Pemain
Piala Dunia - Brasil Vs Korea Selatan - Richarlison Vs Son Heung-min
Piala Dunia - Brasil Vs Korea Selatan - Richarlison Vs Son Heung-min (Bola.com/Adreanus Titus)
Brasil (4-2-3-1): Alisson Becker; Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva, Danilo; Lucas Paqueta, Casemiro; Raphinha, Neymar, Vinicius Junior; Richarlison

Pelatih: Tite

Korea Selatan (4-4-2): Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Lee Jae-sung, Jung Woo-young, Hwang In-Beom, Hwang Hee-chan; Cho Gue-sung, Son Heung-min

Pelatih: Paulo Bento.(*)

 

 

 

SUMBER

Kredit

Bagikan