Piala Dunia 2022: Hajar Senegal, Inggris Bertemu Prancis di Perempat Final

user
Budiman 05 Desember 2022, 08:07 WIB
untitled

Krsumsel.com - The Three Lions mengalahkan Senegal 3-0 dalam babak 16 besar di Stadion Al Bayt, Senin (5/12/2022) dini hari WIB.

Gol-gol Timnas Inggris ke gawang Senegal dihasilkan oleh Jordan Henderson dan Harry Kane pada babak pertama. Bukayo Saka menambah gol untuk Inggris pada babak kedua. Senegal yang sebenarnya punya peluang, gagal menjebol gawang Jordan Pickford sepanjang laga.


Berkat kemenangan ini, Timnas Inggris akan bertemu sesama wakil Eropa yakni Prancis di perempat final Piala Dunia 2022. Sebelumnya Prancis lolos ke perempat final usai menang 3-1 atas Polandia.

Pertemuan Timnas Inggris kontra Prancis di perempat final Piala Dunia akan digelar di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.


Jalannya Pertandingan
Senegal memulai laga dengan percaya diri dan lebih banyak mendapat peluang berbahaya. Pada menit ketiga Senegal mendapatkan peluang untuk mencetak gol, tetapi akselerasi Boulaye masih gagal melewati pertahanan Inggris.

The Lions of Teranga (julukan Timnas Senegal) mendapatkan peluang bagus untuk mendapatkan keunggulan pada menit ke-31, tetapi tendangan Boulaye masih bisa di blok Jordan Pickford.

Jordan Henderson membawa Inggris unggul pada menit ke-38. Gol bermula dari tusukan yang dilakukan Jude Bellingham yang merangsek masuk ke kotak penalti Senegal, kemudian melepas umpan mendatar yang disambar dengan kaki kiri Henderson. 1-0 untuk keunggulan tim Tiga Singa.


Gol Perdana Harry Kane di Qatar
Harry Kane hampir membawa Inggris menambah keunggulannya tiga menit kemudian. Sontekannya menyambut umpan silang Bukayo Saka masih terbang terlalu tinggi dari sasaran. Begitu juga dengan peluang dari Saka yang masih jauh dari target.

Inggris terus menggempur pertahanan Senegal. Peluang dari Luke Shaw dua menit menjelang babak pertama berakhir masih digagalkan kiper Senegal, Edouard Mendy dan hanya membuahkan sepak pojok.

Harry Kane akhirnya benar-benar bisa mencetak gol di pengujung babak pertama. Serangan balik cepat dilancarkan Inggris melalui Jude Bellingham dan mengumpannya kepada Phil Foden. Bola sodoran Foden diselesaikan dengan dingin oleh Harry Kane melalui sepaka keras kaki kanan.

Ini merupakan gol perdana Harry Kane di pentas Piala Dunia 2022. Inggris menutup hasil babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Senegal.


Babak Kedua
Inggris tidak mengendurkan serangannya usai keluar dari kamar ganti. Sebuah serangan dari Bukayo Saka di menit ke-53, membuat pertahanan Senegal kacau. Namun tendangan kaki kanan pemain Arsenal itu masih belum menemui sasaran.

Tiga menit kemudian, Bukayo Saka benar-benar mencatat namanya di papan skor. Ia menaklukkan kiper Edouard Mendy setelah menyambar umpan silang Phil Foden.

Inggris semakin berada di atas angin dengan keunggulan tiga gol atas Senegal. Pasukan Gareth Southgate percaya diri dalam meredam serangan Senegal dan lebih banyak menguasai permainan.

Inggris menambah tenaga baru dengan masuknya Marcus Rashford, Jack Grealish, dan Kalvin Phillips. Sementara Senegal tak mampu berbuat banyak meski melakukan sejumlah pergantian pemain. Kemenangan Inggris 3-0 atas Senegal bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.


Daftar Susunan Pemain
Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw, Jordan Henderson, Declan Rice, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Harry Kane, Phil Foden.

Pelatih: Gareth Southgate

Senegal (4-5-1): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs, Pathe Ciss, Nampalys Mendy, Krepin Diatta, Iliman Ndiaye, Ismaila Sarr, Boulaye Dia.

Pelatih: Aliou Cisse.(*)

 

 

 

SUMBER

Kredit

Bagikan