Sensasional! Jepang Bungkam Spanyol, Lolos ke 16 Besar dan Juara Grup E

user
Budiman 02 Desember 2022, 08:13 WIB
untitled

Krsumsel.com - Kemenangan itu mengantar Jepang melangkah ke babak 16 besar dengan torehan enam poin.

Jepang tertinggal terlebih dahulu di babak pertama. Tapi dengan heroik mereka mampu bangkit dan membalikkan keadaan, menjadi kemenangan di babak kedua.

Alvaro Morata memecah kebuntuan ketika pertandingan baru berjalan 11 menit. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Setelah jeda, Jepang benar-benar menggebrak dan membuat kejutan. Jepang berhasil menyamakan skor pada menit ke-46.

Gol balasan Tim Samurai Biru dilesakkan oleh Ritsu Doan. Jepang belum berhenti sampai di situ, bahkan semangatnya makin meledak-ledak. Jepang menceploskan gol kedua tiga menit berselang. Kali ini gol Jepang lahir dari Ao Tanaka.

Tambahan tiga poin membuat Jepang membuat kejutan besar dengan menjadi juara Grup E dan memastikan lolos ke 16 besar. Spanyol, meskipun kalah, juga melaju ke 16 besar.

Spanyol mengoleksi poin yang sama dengan Jerman, yang melibas Kosta Rika 4-2 di laga lainnya. Kedua tim sama-sama mengemas empat poin, namun Spanyol punya selisih gol lebih baik daripada Jerman, yang finis di peringkat ketiga Grup E Piala Dunia 2022.

Di babak 16 besar, Jepang akan berjumpa dengan Kroasia yang menjadi runner up Grup F. Adapun Spanyol berjumpa dengan juara Grup F, Maroko.


Babak Pertama
Spanyol tampil dominan sejak babak pertama dimulai. Filosofi Enrique-ball yang menekankan pada penguasaan bola dimulai sejak menit pertama.

Selama sepuluh menit pertama, pertahanan Jepang dikurung dekat dengan kotak penalti. Penguasaan bola itu berbuah manis di menit ke-11.

Spanyol sukses memecah kebuntuan lewat sontekan Morata. Ia memanfaatkan umpan silang terukur dari Cesar Azpilicueta.

Spanyol terus menguasai pertandingan sejak gol pertama. Trio Busquets, Pedri, dan Gavi mengacaukan lini tengah Jepang. Sedangkan di sisi terluar, pergerakan agresif dua bek sayap menusuk pertahanan Jepang.

Skema tersebut kemudian nyaris membuahkan hasil lagi di menit ke-26. Pergerakan Azpilicueta lagi-lagi membuka pertahanan Jepang. Namun sayangnya, posisi tidak pas dari Dani Olmo dan Morata membuat skema serangan tersebut terhenti gara-gara offside.

Spanyol tidak bisa mencetak gol keduanya sampai 45 menit pertama usai. Padahal, Spanyol sangat unggul dari segi penguasaan bola dan jumlah tembakan ke gawang.


Babak Kedua
Setelah jeda babak jadi awal kekacauan Spanyol. Jepang berhasil membalikkan keadaan dalam waktu yang sangat cepat.

Doan lebih dulu menyamakan kedudukan di menit ke-48. Kesalahan Spanyol dalam bangun serangan pendek, membuat Jepang merebut bola di depan kotak penalti Spanyol. Doan lalu mengeksekusinya dari luar kotak penalti.

Jepang lalu berbalik unggul di menit ke-51. Diawali umpan Doan ke dalam kotak penalti Spanyol, kerja sama antara Kaoru Mitoma dan Ao Tanaka berbuah gol. Tanaka berhasil menghukum pertahanan Spanyol yang tak ketat menjaganya.

Pertandingan kemudian berjalan dengan tempo yang lambat. Kedua tim dipastikan lolos dengan skor tersebut, terlepas dari hasil apa pun yang terjadi di pertandingan Jerman vs Kosta Rika.

Namun, Spanyol sempat meningkatkan intensitas permainan saat Kosta Rika unggul dari Jerman. Jika sampai Kosta Rika menang dan Spanyol kalah, Spanyol akan tersingkir.

Beruntung Jerman berhasil menyamakan kedudukan dan unggul jauh. Spanyol jadi tidak terlalu buru-buru untuk menyamakan kedudukan karena posisi runner up justru akan menguntungkan La Furia Roja di bagan babak gugur nanti.

 
Susunan Pemain Jepang Vs Spanyol
Jepang (3-4-3): Shuichi Gonda; Ko Itakura, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junya Ito, Hidemasa Morita, Ao Tanaka (Wataru Endo 87’), Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma 46’); Diachi Kamada (Takehiro Tomiyasu 69’), Daizen Maeda (Takuma Asano 62’), Take Kubo (Ritsu Doan 46’).
Pelatih: Hajime Moriyasu

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta (Daniel Carvajal 46’), Rodri, Pau Torres, Alejandro Balde (Jordi Alba 68’); Gavi (Ansu Fati 68’), Sergio Busquets, Pedri; Nico Williams (Ferran Torres 57’), Alvaro Morata (Marco Asensio 57’), Dani Olmo.
Pelatih: Luis Enrique.(*)

 

 

 

SUMBER

Kredit

Bagikan