Belasan Rekor Spesial Diukir Pecco Bagnaia Setelah Merengkuh Juara Dunia MotoGP

user
Budiman 07 November 2022, 08:15 WIB
untitled

Krsumsel.com - Beragam rekor spesial mampu diukir Bagnaia pasca-dipastikan menjadi kampiun.

Pembalap yang akrab disapa Pecco Bagnaia itu tiba di Valencia dengan keunggulan 23 poin atas jagoan Yamaha, Fabio Quartararo. Demi merebut gelar juara dunia, Pecco hanya tinggal finis di posisi ke-14.


Dia pun sukses melakukannya. Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (6/11/2022) malam WIB, pembalap asal Italia itu finis di peringkat kesembilan.

Hasil tersebut sudah cukup bagi Pecco Bagnaia untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2022. Bagnaia juga sekaligus mengakhiri puasa gelar Ducati di MotoGP yang berlangsung 15 tahun.

Keberhasilan Pecco Bagnaia menciptakan rekor-rekor mentereng dan sejarah baru di MotoGP. Apa saja sih? Berikut ini ulasannya.


Susul Valentino Rossi
1. Pecco Bagnaia merupakan pembalap Ducati pertama yang mampu merebut gelar juara dunia MotoGP sejak Casey Stoner pada 2007.

2. Gelar ini juga merupakan titel juara dunia Bagnaia yang kedua, setelah gelar dunia Moto2 yang juga ia kunci di Sepang pada 2018.

3. Bagnaia menjadi pembalap Italia pertama yang mampu merebut gelar dunia MotoGP sejak Valentino Rossi, yang menjuarai MotoGP terakhir kali pada 2009, saat masih membela Fiat Yamaha

 
Ducati Sabet Triple Crown
4. Gelar juara dunia pembalap yang disabet Bagnaia merupakan titel kedua bagi Ducati sejak partisipasi mereka di MotoGP pada 2003.

5. Selain mengunci gelar dunia konstruktor di Aragon dan gelar dunia pembalap Valencia, Ducati juga mengunci gelar dunia tim lewat Ducati Lenovo Team di Sepang.

6. Dengan begitu, Ducati pun sukses menyapu bersih tiga gelar dunia MotoGP alias gelar Triple Crown. Ini juga yang pertama bagi Ducati sejak 2003.

 
Pembalap Italia Pertama
7. Gelar dunia yang disabet Bagnaia dan Ducati merupakan gelar dunia kedua yang disabet oleh sebuah pabrikan Eropa di era MotoGP (bergulir pertama kali pada 2002).

8. Bagnaia dan Ducati jadi kombinasi pembalap dan pabrikan Italia pertama yang meraih gelar dunia di kelas para raja (GP500/MotoGP), sejak Giacomo Agostini dan MV Agusta pada 1972.

9. Selain itu, Bagnaia dan Ducati juga jadi kombinasi pembalap dan pabrikan Eropa pertama yang meraih gelar dunia di kelas para raja (GP500/MotoGP) sejak Phil Read dan MV Agusta pada 1974.


Gelar MotoGP Pertama VR46 Academy
10. Bagnaia pun berhasil mempersembahkan gelar dunia ketiga bagi VR46 Riders Academy. Dua gelar sebelumnya diraih VR46 lewat Franco Morbidelli di Moto2 2017 dan Bagnaia di Moto2 2018.

11. Crew chief Bagnaia, Cristian Gabbarini, merupakan crew chief yang juga mengantarkan Casey Stoner menjuarai MotoGP 2007 bersama Ducati.

12. Gelar dunia ini juga merupakan gelar dunia pertama bagi Gigi Dall'Igna (General Manager Ducati Corse) sejak WorldSBK 2012 bersama Max Biaggi, saat ia masih menjabat sebagai Direktur Teknis Aprilia Racing.(*)

 

SUMBER

Kredit

Bagikan