Gelandang Kreatif dan Sayap Agresif Bikin Timnas Indonesia Menang Mudah atas Guam

user
Budiman 04 Oktober 2022, 08:15 WIB
untitled

Krsumsel.com - Garuda Asia menang dengan skor fantastis 14-0 atas Guam U-17 di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (3/10/2022) malam WIB.

Arkhan Kaka menjadi bintang kemenangan Timnas Indonesia U-17 setelah mencatat quattrick atau empat gol ke gawang Guam. Gol lainnya dicetak oleh Tegar Islami, Rizki Afrisal, Sulthan Zaki, Jehan Pahlevi, Muhamad Gaoshirowi, Figo Denis, Nabil Asyura, dan diakhir gol Ji Da Bin.


Dua pemain Guam mencetak gol bunuh diri dalam pertandingan ini. Satu pemain mereka juga harus diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua. Kemenangan ini menjadi modal yang penting bagi Timnas Indonesia U-17 untuk menghadapi UEA, Rabu (5/10/2022) malam WIB.


Komposisi Pas
Pelatih Bima Sakti memainkan formasi 4-4-2 dalam pertandingan ini. Empat pemain belakang melindungi pertahanan yaitu Rizdjar Subagja, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, dan Habil Abdillah.

Kemudian empat gelandang ditumpuk untuk menguasai lini tengah. Mereka adalah Kafiatur Rizky, Iqbal Ramadhan, Tegar Islami, Riski Afrisal. Kemudian duet Arkhan Kaka, Nabil Asyura mendapat kepercayaan untuk menjadi penyerang.

Komposisi yang ditampilkan Bima Sakti kali ini sudah tepat. Menghadapi Guam yang di atas kertas adalah tim lemah, membuat pemain-pemain ini mampu mengeluarkan seluruh kemampuannya.


Mirip Permainan STY
Hal yang menarik adalah pola permainan Timnas Indonesia U-17 mirip dengan yang diperagakan Timnas level senior asuhan Shin Tae-yong. Yakni adanya deretan gelandang kreatif ditambah agresivitas para pemain sayap.

Terbukti di dalam pertandingan ini ada banyak gol yang tercipta melalui proses umpan-umpan silang dari pergerakan kedua sayap. Seperti beberapa upaya dari gelandang sayap kiri Riski Afrisal yang sering melepas umpan manja ke duet penyerang.

Kafiatur Rizky yang beroperasi di sektor kanan juga tak mau kalah dalam memberikan tusukan-tusukan berbahaya dan crossing akurat. Mirip dengan kiprah Timnas level senior yang memiliki sosok Saddil Ramdani dan Witan Sulaeman.


Dua Bek Sayap Ikut Membantu
Permainan yang hampir mirip lainnya ada pada peran bek sayap yang diisi Rizdjar Subagja dan Habil Abdillah. Rizjdjar di kanan membantu pergerakan eksplosif Kafiatur Rizky.

Sementara Habil Abdillah di pos bek kiri, sering melakukan manuver naik turun membantu Riski Afrisal atau bahkan lebih ke depan untuk menyuplai bola kepada para penyerang.

Lagi-lagi skema permainan ini secara kebetulan hampir mirip dengan Timnas Indonesia level senior. Di mana ada sosok Asnawi Mangkualam di kanan dan Pratama Arhan di sektor kiri yang sulit tergantikan.


Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-17

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B

Senin, 3 Oktober 2022
Guam 0-14 Timnas Indonesia U-17
Rabu, 5 Oktober 2022
Timnas Indonesia U-17 Vs Uni Emirat Arab
Jumat, 7 Oktober 2022
Palestina Vs Timnas Indonesia U-17
Minggu, 9 Oktober 2022
Timnas Indonesia U-17 Vs Malaysia.(*)

 

 

SUMBER

Kredit

Bagikan