Masa Depan Cerah Timnas Indonesia di Era Shi Tae-yong: Keran Trofi Segera Terbuka?

user
Budiman 30 September 2022, 08:35 WIB
untitled

Krsumsel.com - Mayoritas pemain tim berjulukan Skuad Garuda itu masih berusia di bawah 25 tahun.

Sebanyak 19 dari 23 personel Timnas Indonesia ketika dua kali mengalahkan Curacao dalam uji coba FIFA Matchday belum menginjak lebih dari 25 tahun.


Hanya Fachruddin Aryanto 33 tahun, Marc Klok 29 tahun, Ricky Kambuaya 26 tahun, dan Syahrul Trisna 26 tahun, pemain Timnas Indonesia yang berumur 25 tahun ke atas.

Usia 25 tahun hingga beberapa tahun berikutnya biasanya menjadi periode emas seorang pesepak bola sebelum memasuki masa veteran.


Para Wajah Segar
Sejumlah 15 dari 23 pemain Timnas Indonesia bahkan masih berusia di bawah 23 tahun yang masih punya banyak waktu untuk berkembang.

Nama-nama seperti Egy Maulana Vikri 22 tahun, Witan Sulaeman 20 tahun, hingga Pratama Arhan 20 tahun terbilang belum mencapai performa tertingginya.

Artinya, kualitas Timnas Indonesia dapat meningkat pesat seiring selaras dengan perkembangan para pemain muda sampai berada di usia emas.

Bukan tidak mungkin, Timnas Indonesia dapat membuka keran trofi dalam waktu dekat dengan berkekuatan para pemain muda yang ada.


Hasil Tidak Sia-Sia
Kesegaran wajah Timnas Indonesia tidak lepas dari kebijakan pelatih Shin Tae-yong yang memotong hampir satu generasi skuad sebelumnya.

Sejak menangani Timnas Indonesia pada 2020, Shin Tae-yong merevolusi Skuad Garuda dengan menyingkirkan para pemain lama dan memberikan kepercayaan kepada pemain muda.

Hasilnya tidak sia-sia. Nama-nama seperti Marselino Ferdinan hingga Rizky Ridho adalah buah kejelian dari Shin Tae-yong memonitor pemain muda.


Daftar Pemain Timnas Indonesia di Bawah 25 Tahun
25 Tahun: Nadeo Argawinata, Yakob Sayuri, Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan

23 Tahun: Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Muhammad Rafli, Saddil Ramdani

22 Tahun: Muhammad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Koko Ari Araya, Egy maulana Vikri

20 Tahun: Rizky Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman

19 Tahun: Elkan Baggott, Muhammad Ferarri, Ramadhan Sananta

18 Tahun: Marselino Ferdinan


Daftar Pemain Timnas Indonesia di Atas 25 Tahun
33 Tahun: Fachruddin Aryanto

29 Tahun: Marc Klok

26 Tahun: Syahrul Trisna

26 Tahun: Ricky Kambuaya.(*)

 

 

 

SUMBER

Kredit

Bagikan