Daftar Negara yang Lolos Semifinal UEFA Nations League

user
Budiman 26 September 2022, 15:09 WIB
untitled

Krsumsel.com - Portugal masih punya kans menyusul.

UEFA Nations League 2022/2023 kini telah masuk matchday keenam. Sesuai dengan regulasi, empat tim paling atas klasemen UEFA Nations League A akan lolos ke semifinal dan berebut gelar juara.


Prancis, sang juara bertahan, sudah pasti gugur. Prancis hanya berada di posisi ketiga klasemen akhir Grup 1 UEFA Nations League A. Inggris punya nasib yang lebih buruk karena harus degradasi ke UEFA Nations League B.

Inggris menjadi juru kunci klasemen Grup 3. Inggris tidak mampu menang pada lima laga yang sudah dimainkan. Walau masih punya satu laga tersisa, Harry Kane dan kolega tidak bisa memperbaiki posisi di klasemen.

Lantas, negara mana saja yang sudah lolos ke semifinal UEFA Nations League dan bagaimana persaingan di grup lain?


Kroasia
Persaingan yang ketat terjadi di Grup 1. Kroasia bersaing dengan Denmark hingga laga terakhir. Pada akhirnya, Kroasia lolos ke semifinal dengan keunggulan satu poin saja dari Denmark di klasemen akhir.

Kroasia mendapatkan 13 poin dari enam laga dan menyegel posisi puncak klasemen Grup 1. Denmark berada di posisi kedua dengan 12 poin, lalu disusul Prancis yang berada di posisi ketiga.

Austria menjadi juru kunci Grup 1. Tim racikan Ralf Rangnick tersebut hanya mendapat empat poin dari enam laga yang dimainkan.


Belanda
Belanda lolos ke semifinal UEFA Nations League 2022/2023 dengan catatan yang luar biasa. Pasukan Louis van Gaal nyaris meraih poin sempurna. Dari enam laga yang dimainkan, Der Oranje lima kali menang dan sekali imbang.

Belanda mendapatkan 16 poin dan berhak atas puncak klasemen Grup 4. Di posisi kedua, ada Belgia yang mendapatkan 10 poin. Belgia dua kali kalah dari enam laga, keduanya terjadi saat berjumpa Belanda.

Polandia berada di posisi ketiga Grup 4 dengan tujuh poin. Sementara, Wales akan degradasi ke UEFA Nations League B karena menjadi juru kunci klasemen Grup 4.


Bagaimana Portugal dan Spanyol?
Di atas kertas, Portugal punya peluang cukup besar untuk lolos ke babak semifinal. Namun, Spanyol yang berada di posisi kedua klasemen Grup 2 masih punya peluang. Hanya saja, peluang itu cukup kecil.

Saat ini, Portugal berada di puncak klasemen Grup 2 dengan 10 poin dan selisih gol plus sembilan. Spanyol berada di posisi kedua dengan delapan poin dan selisih gol plus dua.

Pada laga terakhir, Portugal akan berjumpa Spanyol. Jika ingin lolos ke semifinal, Spanyol tidak cukup hanya menang. Sebab, jika poin kedua tim sama, maka penentu tim yang lebih unggul di klasemen diambil lewat selisih gol. Portugal punya selisih gol jauh lebih baik.


Italia?
Dari Grup 3, ada dua negara yang sudah tidak punya peluang lolos ke babak semifinal. Dua negara tersebut adalah Inggris dan Jerman. Bahkan, Inggris sudah pasti degradasi ke UEFA Nations League B.

Jerman, dengan enam poin, tidak bisa mengejar 10 poin yang didapat Hongaria sebagai pemuncak klasemen. Hongaria akan bersaing dengan Italia untuk lolos ke semifinal.

Italia mendapatkan delapan poin dan berada di posisi kedua. Italia akan berjumpa Hongaria langsung pada matchday keenam (27/9/2022). Italia wajib menang dengan selisih gol banyak jika ingin lolos. Saat ini, Hongaria punya selisih gol plus lima dan Italia punya selisih gol minus satu.(*)

 

 

 

SUMBER

Kredit

Bagikan