Persaingan Erling Haaland dengan Kylian Mbappe: Lapar Gol dan Sama-sama Merindu Gelar

user
Budiman 07 September 2022, 14:38 WIB
untitled

Krsumsel.com -  Masing-masing mampu mencetak dua gol alias brace dan membantu timnya meraih kemenangan pada matchday perdana.

Haaland mencetak dua dari empat gol Manchester City ke gawang Sevilla. Pada duel di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (7/9/2022) dini hari WIB itu, Man City menang dengan skor 4-0 atas tuan rumah Sevilla.


Di Parc des Princes, Mbappe juga tampil heroik. Dua gol pemain 23 tahun itu membawa PSG menang dengan skor 2-1 atas Juventus. Mbappe melanjutkan performa apiknya di Ligue 1 dengan tujuh gol dari lima laga.

Haaland dan Mbappe seolah menyajikan rivalitas baru di Liga Champions. Kedua pemain terus mencetak gol dan membuat rekor. Mengingatkan kita pada sosok Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, biang rekor di kompetisi satu ini.


Haaland Masih Unggul
Haaland dan Mbappe mungkin akan menjadi nama yang banyak dibahas dalam 10 tahun ke depan. Sebab, catatan prestasi mereka mulai dibandingkan. Terutama apa yang dicapai di Liga Champions.

Mbappe adalah pemain termuda yang mampu mencetak 20 gol di Liga Champions. Mbappe melakukannya pada usia 21 tahun dan 355 hari. Namun, rekor itu patah di tangan Haaland.

Dia mencetak 20 gol pada usia 20 tahun dan 231 hari. Haaland juga mematahkan rekor Mbappe lain.

Haaland mencatatkan gol ke-25 di Liga Champions pada usia 22 tahun dan 47 hari. Dia membuat rekor Mbappe dengan usia 22 tahun dan 20 hari patah begitu saja.

Bomber asal Norwegia itu telah mencetak 25 gol dari 20 laga yang dimainkan di Liga Champions. Kini, sang predator itu terpaut 10 gol dari Mbappe. 35 gol dicetak Mbappe di Liga Champions dari 54 laga yang dimainkan.


Catatan Individu
Haaland dan Mbappe punya karier yang gemilang di Liga Champions, terutama pada level individu. Catatan gol kedua pemain, seperti yang dibahas di atas, menjadi bukti kehebatan mereka.

Namun, Haaland dan Mbappe belum mampu mencapai prestasi puncak di Liga Champions. Pasalnya, baik Mbappe maupun Haaland, belum pernah merasakan gelar juara Liga Champions bersama klub yang dibelanya.

Mbappe sempat melangkah mengecap indahnya laga final Liga Champions pada edisi 2019/2020. Akan tetapi, langkah PSG di final kandas oleh Bayern Munchen. PSG kalah dengan skor 0-1 dari gol Kingsley Coman.


Karakter Berbeda
Sejatinya baik Haaland dan Mbappe punya style berbeda di lini depan.

Mbappe tipe penyerang yang bermain melebar di sisi sayap. Dia punya dribel dan kecepatan yang luar biasa untuk mengalahkan bek-bek lawan. Ia mirip-mirip Lionel Messi.

Sementara, Haaland adalah striker oportunis di kotak penalti. Haaland punya naluri gol yang tinggi. Selain itu, kekuatan fisik Haaland juga sangat kuat. Pemain berusia 22 tahun ini figur ideal sebagai target man. Agak mirip dengan Cristiano Ronaldo, walau CR7 saat belia sangat kuat sebagai winger.

"Haaland seperti anjing pelacak dalam hal peluang. Haaland hanya di sana (area penalti), dia hanya memiliki pemahaman tentang di mana bola bisa jatuh, dia menjaga dirinya tetap fokus di sana," ucap pandit Rio Ferdinand.(*)

 

 

 

 

SUMBER

Credits

Bagikan