Kandaskan Singapura di Piala AFF U-16 2022, Modal Bagus Timnas Indonesia U-16 Jelang Hadapi Vietnam

user
budiman 04 Agustus 2022, 08:34 WIB
untitled

Sleman, krsumsel.com - Timnas Indonesia U-16 tampil luar biasa di laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2022. Menghadapi Singapura di Stadion Maguwoharjo, Rabu (3/8/2022) malam WIB lalu, Garuda Asia menang telak 9-0.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti merasa bersyukur dengan kemenangan ini. Bima Sakti merasa Hanif Ramadhan dan kolega bermain sesuai instruksi yang ia berikan.

"Pertama kami ucapkan Alhamdulillah, kami bisa menang dan sesuai dengan instruksi saya. Mereka bisa menjalankan taktik yang kami terapkan," kata Bima dalam sesi konferensi pers selepas laga.

Bima juga cukup senang dengan kemenangan besar atas Singapura ini. Menurut Bima, kemenangan ini akan menjadi modal bagus saat Timnas Indonesia U-16 bermain melawan Vietnam, Sabtu (6/8/2022) nanti.

"Skor besar ini mudah-mudahan menjadi modal bagi kami untuk menatap pertandingan hari Sabtu melawan Vietnam," harap pelatih Timnas Indonesia U-16 itu.

Rotasi

Bima Sakti melakukan rotasi cukup besar dalam laga ini. Ada empat pemain yang menjadi starter di laga pertama melawan Vietnam hanya duduk di bangku cadangan pada laga ini.

Habil Abdillah dan Sultan Zaky bahkan sama sekali tidak masuk ke dalam skuad. Keduanya memang mengalami sedikit cedera usai laga pertama lalu.

Selain itu, rotasi ini juga disebut sebagai ajang persiapan Timnas Indonesia U-16 jelang menghadapi Vietnam. Dalam laga itu, Garuda Asia memang butuh tampil dengan kekuatan penuh.

"Dalam pertandingan tadi memang kami sempat melakukan rotasi, ada beberapa pemain yang kami istirahatkan seperti Habil kemudian Sultan Zaky, karena mereka bekerja keras di laga pertama dan cedera," jelas Bima.

Dua Gol Cepat

Dalam laga melawan Filipina, Timnas Indonesia U-16 sudah bisa mencetak gol ketika babak pertama baru berjalan dua menit. Umpan silang Arkhan Kaka saat itu membuat pemain belakang Filipina melakukan gol bunuh diri.

Menariknya, hal serupa kembali terjadi saat Timnas Indonesia U-16 menghadapi Singapura. Dalam laga itu Garuda Asia bisa membuka keunggulan pada menit ketiga babak pertama.

Gol pertama Timnas Indonesia U-16 dalam laga itu dicetak oleh winger asal Sumatra Barat, Nabil Asyura. Bima Sakti mengungkapkan dirinya memang memberikan instruksi khusus soal hal itu.

"Selama ini kami instruksikan kepada pemain pada menit awal, kami harus press pemain lawan karena menit awal dan akhir itu adalah waktu yang krusial. Oleh sebab itu kami manfaatkan saat tim tidak siap," tandas Bima.

Jadwal Piala AFF U-16 2022

Minggu, 31 Juli 2022

17.00 WIB: Vietnam vs Singapura (5-1)

20.00 WIB: Indonesia vs Filipina (2-0)

Senin, 1 Agustus 2022

15.00 WIB: Timor Leste vs Laos (Stadion Sultan Agung) (1-1)

19.00 WIB: Thailand vs Brunai Darussalam (Stadion Maguwoharjo) (5-0)

Selasa, 2 Agustus 2022

15.00 WIB: Australia vs Myanmar (Stadion Sultan Agung) (2-3)

19.00 WIB: Malaysia vs Kamboja (Stadion Maguwoharjo) (3-0).(*)

SUMBER

Kredit

Bagikan