Rapor Tiap Lini Timnas Indonesia pada Penyisihan Piala AFF U-16 2022: Kolektivitas Nyata

user
budiman 09 Agustus 2022, 08:52 WIB
untitled

Jakarta, krsumsel.com - Tiga laga pada penyisihan Piala AFF U-16 2022 sudah dijalani Timnas Indonesia U-16. Kafiatur Rizky dan kolega meraih hasil sempurna dari tiga laga itu.

Tiga kemenangan dari tiga laga itu membuat Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal. Tim berjulukan Garuda Asia itu lolos dengan status juara Grup A, dan akan menghadapi Myanmar yang merupakan jawara Grup C.

Timnas Indonesia U-16 menang atas Filipina dengan skor 2-0 pada laga pembuka Grup A. Kemenangan 9-0 atas Singapura berhasil diraih pada laga kedua. Adapun pada pertandingan penutup, giliran Vietnam dihajar 2-1.

Dalam tiga pertandingan itu, tim asuhan Bima Sakti tersebut menampilkan permainan kolektif yang cukup bagus. Hal itu tertuang dari ulasan Bola.com. dari lini per lini di Timnas Indonesia U-16 pada penyisahan seperti di bawah ini.


Lini Belakang - 8

Pada dua laga awal, lini belakang Timnas Indonesia U-16 tidak mendapatkan ujian yang berarti. Terutama saat menghadapi Singapura di mana hanya satu tendangan mengarah ke gawang yang diderita Tim Garuda Asia pada laga itu.

Ujian itu baru datang saat menghadapi Vietnam. Para penyerang cepat yang dimiliki Vietnam sempat membuat lini belakang Garuda Asia panik.

Hasilnya, di laga itu Timnas Indonesia U-16 harus kebobolan satu gol dari titik penalti. Proses penalti itu meski menjadi perdebatan seharusnya bisa diantisipasi sebelumnya.

Selain itu, di dua laga awal fase grup, Andrika Fathir tampak masih belum tenang. Beberapa kali tangkapannya lepas meski bola yang datang tidak keras. Namun, perlahan Andrika mampu memperbaiki penampilannya.


Lini Tengah - 9

Ini adalah lini permainan Timnas Indonesia U-16 dengan penampilan terbaik di Piala AFF U-16 2022. Menariknya siapa pun yang diturunkan oleh Bima Sakti, intensitas serangan yang dibangun tetap sama.

Meski harus diakui ada beberapa pemain yang mampu menjadi figur sentral di lini tengah. Sebut saja Hanif Ramadhan, Narenda Tegar, Rizki Afrisal, dan Kafiatur Rizky.

Hanif adalah pemain yang menarik. Hanif menunjukkan bahwa Indonesia sebenarnya tidak pernah kehilangan gelandang pengatur serangan yang handal.

Permainan Hanif mengingatkan kita pada para seniornya seperti Evan Dimas Darmono, Syahrian Abimanyu, atau David Maulana.

4 dari 5 halaman


Lini Depan - 8

Ada enam penyerang yang dimiliki Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2022. Menariknya, empat dari enam pemain itu sudah mencetak gol.

Nail Asyura sejauh ini menjadi pencetak gol terbanyak dengan empat gol. Arkhan Kaka ada di bawahnya dengan catatan dua gol.

Sementara itu, Waily Marifat dan I Komang Ananta Krisna Putra juga tak mau kalah. Keduanya sudah mencetak satu gol di Piala AFF U-16 2022.

Sementara itu dua pemain lain yakni Arjuna Tri Wahyudi dan Muhammad Yanuar Sanusi Pallaraeng juga tak bisa disepelekan. Keduanya siap membuat perubahan sebagai pemain pengganti.


Jadwal Pertandingan Semifinal Piala AFF U-16:

10 Agustus 2022:

Timnas Indonesia U-16 Vs Myanmar

  • Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Kick-off: pukul 20.00 WIB
  • Siaran langsung: Indosiar
  • Live streaming: Vidio
  • Link live streaming: https://www.vidio.com/categories/340-aff-u16.(*)

SUMBER

Kredit

Bagikan