Aleix Espargaro Nekat Balapan di MotoGP Austria dalam Keadaan Tumit Retak

user
budiman 18 Agustus 2022, 15:35 WIB
untitled

Jakarta, krsumsel.com - Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, nekat tetap turun lintasan dalam MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, pada 19-21 Agustus 2022 meski diketahui ada keretakan pada tumitnya.

Seperti yang diketahui, Espargaro sempat mengalami kecelakaan hebat dan terlempar keras dari motornya dalam sesi FP4 MotoGP Inggris di Silverstone dua pekan lalu. Pemeriksaan pertama dengan tim medis di sirkuit menyatakan bahwa x-ray tak menunjukkan keretakan tulang apa pun di kedua kakinya.

Dalam balapan itu, Aleix Espargaro pun finis kesembilan. Namun, keesokan harinya, ia menjalani pemeriksaan medis lanjutan di Rumah Sakit Dexeus, Barcelona, dan terbukti mengalami retak tumit kanan. Ia pun harus istirahat sebanyak mungkin dan hanya diizinkan menjalani latihan fisik yang ringan.

Yakin Aman

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro.

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, berhasil meraih podium juara MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (4/4/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Nicolas Aguilera)

Aleix Espargaro lantas menegaskan kalau kondisi tersebut tak akan jadi masalah besar. Ia malah bertekad memenuhi rasa penasarannya pada GP Austria.

"Edema di kaki kiri sudah hilang, tetapi kaki kanan, yang retak di Silverstone, masih menimbulkan rasa sakit. Namun, saya rasa saya takkan dapat masalah, dan saya bertekad menjalani balapan yang baik."

"Saya penasaran performa RS-GP di Austria, dan target kami tetap melaju cepat di tiap kesempatan," ujarnya via rilis resmi tim, Rabu (17/8/2022).

Maverick Vinales Tekad Balas Dendam pada Yamaha

Rasa optimistis juga diusung oleh tandem Espargaro, Maverick Vinales. Bagaimana tidak? Juara dunia Moto3 2013 ini memang tampil baik dalam tiga balapan terakhir. Dalam Seri Jerman, ia sempat berebut podium sebelum gagal finis akibat kerusakan rear ride height device. Dalam Seri Belanda dan Inggris, ia naik podium.

Pembalap Spanyol ini pun bertekad untuk mengulang sukses serupa di Austria. Pasalnya, ia punya punya kenangan buruk di trek ini. Semusim lalu, ia sempat mengalami konflik dengan Yamaha di Seri Styria, dan dijatuhi skors di Seri Austria. Demi menghapus memori kelam itu, ia ingin tampil baik bareng Aprilia kali ini.

"Kami datang usai dua podium beruntun, jadi moral kami jelas positif. Saya banyak belajar dari balapan di Silverstone, dan saya akan menggunakan semua informasi untuk terus berkembang. Spielberg adalah trek yang saya suka dan ini bisa jadi kans tepat untuk membuktikan progres kami selama 12 bulan terakhir," ucap Vinales.

Aprilia Turunkan 3 Pembalap

Akhir pekan nanti, Aprilia tak hanya menurunkan Espargaro dan Vinales, melainkan juga sang test rider, Lorenzo Savadori. Memiliki jatah enam wildcard musim ini, 'Sava' akan menjalani wildcard yang kelima di Austria. Sayangnya, ia masih dalam pemulihan cedera bahu akibat kecelakaan saat latihan motocross.

"Saya jelas senang kembali ke trek bersama Aleix dan Maverick. Balapan adalah imbalan sempurna atas kerja keras bersama tim tes Aprilia. Pasalnya, membandingkan diri dengan para rider terbaik dunia bakal membantu kami mengumpulkan data untuk pengembangan RS-GP. Apalagi trek ini juga spesial dan menarik," tutupnya.

Saat ini, Espargaro sedang duduk di peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan 158 poin, sementara Vinales ada di peringkat kesembilan dengan 82 poin. Savadori pun masih harus mengejar poin perdananya musim ini. Berikut klasemen sementara MotoGP 2022 usai Seri Inggris di Sirkuit Silverstone.(*)

SUMBER

Kredit

Bagikan