Strategi Bima Sakti untuk Jaga Performa Timnas Indonesia U-16 Jelang Kualifikasi Piala AFC U-17 2023

user
budiman 19 Agustus 2022, 08:18 WIB
untitled

Jakarta, krsumsel.com - Timnas Indonesia U-16 bakal dibubarkan lebih dulu setelah menjuarai Piala AFF U-16 2022. Pelatih Bima Sakti tak khawatir dengan performa anak asuhnya ketika dikembalikan ke klub masing-masing.

Timnas Indonesia U-16 akan dipulangkan ke klub terlebih dulu. Setelah itu, nantinya skuad akan kembali dibentuk untuk bertempur di Kualifikasi Piala AFC U-17 2023.

"Mereka harus tetap rajin latihan ya. Ini kami sebenarnya pada masa transisi dari turnamen dan ini sudah empat hari kami di Jakarta dan tetap latihan," kata Bima Sakti saat ditemui pada sela-sela Konser 17an Indonesia Juara di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Jaga Makan

Bima Sakti juga meminta pemain Timnas Indonesia U-16 untuk tetap menjaga kebugaran dengan melakukan gym. Selain itu, para pemain juga diharapkan bisa menjaga pola makan.

"Walaupun tujuannya harusnya mereka istirahat, tetapi kami tetap melakukan latihan gym pagi dan sore libur. Kemudian ada kegiatan-kegiatan lainnya," ujar Bima.

"Mereka sudah belajar di TC dan kami selalu memberikan edukasi disiplin makanan juga sangat penting. Jangan mereka makan makanan yang memang bukan untuk seorang atlet," tegas Bima.

Bakal Dirombak?

Pelatih Bima Sakti juga tak ingin cepat puas dengan materi pemain di Timnas Indonesia U-16 saat ini. Bima tak menutup kemungkinan untuk melakukan bongkar pasang starting XI timnya untuk tampil di Kualifikasi Piala AFC U-17 2023.

"Yang pasti akan kami lihat perkembangan pemain-pemain yang ada di luar juga. Mungkin ada pemain yang belum terpantau," ucap Bima Sakti.

"Yang pasti tidak akan ada perubahan banyak karena tim ini sudah solid. Chemistry mereka juga sudah terlihat," ujar Bima Sakti.

Tak Terlena

Pelatih Bima Sakti berharap, gelar Piala AFF U-16 2022 tidak membuat Timnas Indonesia U-16 terlena. Dia ingin anak asuhnya lebih meningkatkan lagi performa bermain.

"Harapannya semoga kami bisa lebih baik lagi dan juara itu bukan buat kami terlena. Kami juga masih banyak kekurangan," ujar Bima Sakti.

"Jadi harus dibenahi bareng-bareng lagi. Kemudian banyak yang harus diperbaiki lagi," ujar pelatih berusia 46 tahun itu.

Target Tinggi

PSSI memasang target tinggi untuk Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-17 2023. Ketua Umum Mochamad Iriawan berharap, pasukan Garuda Asia itu bisa lolos dan finis lima besar.

"Nanti ada Piala Asia. Kami harapkan, minimal saya ingin masuk lima besar," kata Mochamad Iriawan.

"Tentunya kalau nomor satu kan lawan-lawannya luar biasa. Kalau nomor lima besar kami targetkan. Oleh karena itu, akan kembali kami adakan training center di dalam maupun luar negeri," tegas Iriawan.(*)

SUMBER

Kredit

Bagikan