Presiden Jokowi Harapkan Indonesia Tembus Tiga Besar SEA Games 2021

oleh
oleh
jokowi-sea-games-2021-3_169
banner DPRD OKI

Jakarta, krsumsel.comPresiden RI Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia menuju SEA Games Vietnam. Kontingen Merah Putih diharapkan mampu menembus tiga besar.

Pelaksanaan pelepasan dilakukan Presiden di Istana, pada Senin (9/5/2022). Hadir Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission kontingen Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono, serta kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Vietnam.

Dalam proses acara tersebut, Presiden menegaskan bahwa ia ingin kontingen yang dikirim ke ajang multievent terakbar regional se-Asia Tenggara itu meraih prestasi setinggi-tingginya. Terlebih, dalam pemilihan cabang olahraga dan atlet yang dikirim sudah melalui proses seleksi yang ketat.

“Segera kita lepas kontingen SEA Games ke-31 ke Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang, yang disampaikan Menpora, lebih ramping. Tetapi kita semuanya masyarakat Indonesia juga ingin kontingen meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali sebanyak-banyaknya, untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga menegaskan bahwa prestasi Indonesia pada SEA Games kali ini harus lebih baik dari edisi-edisi sebelumnya. Syukur-syukur bisa menempati urutan pertama papan klasemen negara-negara ASEAN.

“Saya ingat di SEA Games sebelumnya, di SEA Games Singapura kita berada di peringkat kelima. Kemudian di Malaysia, kita juga masih di peringkat 5, dan pada SEA Games 2019 di Filipina kita masuk peringkat empat. Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking yang ketiga, yang kedua, atau yang kesatu,” Jokowi mengharapkan.

Diakuinya mewujudkan target tinggi tersebut tak gampang. Tapi ia berkeyakinan hal itu bisa dilakukan. “Memang bukan hal yang mudah tetapi mendengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kami harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas.”

“Saya rasa itu saja yang saya sampaikan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim kontingen SEA Games ke-31 di Vietnam pada hari ini saya berangkatkan. Terima kasih,” ucap Presiden RI Joko Widodo.

Sebelum dilepas Jokowi, kontingen Indonesia sudah lebih dulu dikukuhkan oleh Ketua KOI Raja Sapta Oktohari, yang proses acaranya sendiri dipimpin oleh Menpora Zainudin Amali di Hall Basket Gelora Bung Karno, Minggu (8/5/2022).(mcy/krs)

SUMBER