Sudah 30 Negara Lolos ke Piala Dunia 2022, Terbaru Wales

user
budiman 06 Juni 2022, 08:31 WIB
untitled

Jakarta, krsumsel.com - Wales menjadi negara teranyar yang lolos ke Piala Dunia 2022. Itu artinya, sudah 30 slot ke Qatar yang terisi, menyisakan dua jatah tiket yang diperebutkan empat federasi berbeda.

Wales berhasil mengalahkan Ukraina 1-0 dalam laga final playoff yang digelar di Cardiff, Minggu (5/6/2022). Satu-satunya gol The Dragons tercipta lewat tendangan bebas Gareth Bale yang membentur Andriy Yarmolenko di menit ke-33.

Dengan kelolosan Wales, maka perwakilan Eropa di Piala Dunia akhir tahun ini sudah lengkap. Sebelumnya ada Belgia, Jerman, Belanda, Serbia, Swiss, Portugal, Polandia, Inggris, Kroasia, Denmark, Spanyol, dan juara bertahan Prancis.

Selain 13 negara di atas, ada 17 negara lain yang juga sudah mengamankan tempat pada turnamen yang digelar pada November itu. Asia sudah meloloskan lima wakil, sama dengan Afrika. Lalu zona Amerika Selatan (CONMEBOL) sudah mengambil empat slot, disusul CONCACAF yang telah memastikan tiga tiket.

Dua sisa tiket akan diberikan kepada pemenang playoff interkontinental yang akan digelar di Qatar. Masih ada Uni Emirat Arab, Australia, Selandia Baru, Peru, dan Kosta Rika yang berpeluang meraihnya.

UEA akan berjumpa Australia pada 7 Juni. Pemenang laga itu akan berhadapan dengan Peru pada 13 Juni untuk menentukan siapa yang pantas tampil di Piala Dunia 2022. Sedangkan satu tiket lagi akan diperebutkan Selandia Baru dan Kosta Rika dalam laga yang digelar pada 14 Juni.

Pembagian grup Piala Dunia 2022 sudah dilakukan pada April lalu. Wales akan masuk ke Grup B bersama Iran, Amerika Serikat, dan Inggris.

Daftar negara yang sudah lolos Piala Dunia 2022:

Grup A

Qatar

Ekuador

Senegal

Belanda

Grup B

Inggris

Iran

Amerika Serikat

Wales

Grup C

Argentina

Arab Saudi

Meksiko

Polandia

Grup D

Prancis

- (menunggu hasil playoff interkontinental)

Denmark

Tunisia

Grup E

Spanyol

- (menunggu hasil playoff interkontinental)

Jerman

Jepang

Grup F

Belgia

Kanada

Maroko

Kroasia

Grup G

Brasil

Serbia

Swiss

Kamerun

Grup H

Portugal

Ghana

Uruguay

Korea Selatan/(*)

SUMBER

Kredit

Bagikan