Akhirnya Ada Empat Negara ASEAN di Piala Asia 2023, Pertama Sejak 2007

user
budiman 15 Juni 2022, 14:43 WIB
untitled

Jakarta, krsumsel.com - Empat negara ASEAN akan tampil Piala Asia 2023. Capaian ini mengulangi sejarah turnamen 15 tahun lalu, saat Asia Tenggara juga diwakili jumlah negara yang sama.

Indonesia dipastikan lolos ke Piala Asia tahun depan dengan status runner-up Grup A dalam kualifikasi putaran ketiga yang digelar bulan ini, menyingkirkan Kuwait dan Nepal. Sementara itu, posisi juara grup ditempati oleh Yordania.

Selain Indonesia, ada pula Thailand dan Malaysia yang lolos dengan status serupa. War Elephants lolos dari Grup C bersama Uzbekistan, sedangkan Harimau Malaya lewat Grup E bersama Bahrain.

Adapun Vietnam sudah lolos setahun lebih awal dibandingkan tiga negara di atas. Golden Star Warriors mengambil jatah tiket ke turnamen sepakbola terakbar Asia itu lewat status runner-up Grup G dalam kualifikasi putaran kedua.

Torehan di atas mengulangi apa yang terjadi pada Piala Asia 2007, ketika zona ASEAN terakhir kali diwakili empat tim. Namun kelolosan saat itu diraih lewat status tuan rumah bersama, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Raihan masing-masing tim pun terbilang kurang baik. Hanya Vietnam yang berhasil melaju ke fase gugur, sebelum terhenti di perempatfinal. Sedangkan tiga negara lain tersisih di penyisihan grup.

Lalu pada Piala Asia 2011 dan 2015, tak ada wakil ASEAN sama sekali. Selanjutnya pada edisi 2019, ketika jumlah peserta bertambah dari 16 menjadi 24, 'hanya' tiga negara yang lolos yakni Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Saat itu, Filipina terhenti di fase grup, Thailand dijungkalkan China 1-2 di 16 besar, dan Vietnam lagi-lagi hanya sampai perempatfinal, sebelum ditekuk Jepang 0-1.

Piala Asia 2023 akan digelar pada 16 Juni - 16 Juli tahun depan. Menarik untuk dinanti, sejauh mana wakil-wakil ASEAN dapat melaju di tengah kepungan negara-negara kuat macam Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, hingga Australia.(adp/aff)

SUMBER

Kredit

Bagikan