Ratusan Wisatawan Kunjungi Klenteng Tertua di Pangkalpinang

user
Elisatri Putri 22 Januari 2023, 18:42 WIB
untitled

Krsumsel.com - Ratusan wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi Klenteng Kwan Tie Miaw yang merupakan klenteng tertua di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk melaksanakan ritual sembahyang Imlek 2023.

"Sekitar 800 lebih wisatawan dari Tiongkok Singapura Jakarta Sumatera Selatan dan daerah lainnya sembahyang Imlek,"kata Pengurus Klenteng Kwan Tie Miaw Pangkalpinang A Pao di Pangkalpinang, Minggu (22/1). 

Ia mengatakan, wisatawan ini tidak hanya melakukan sembahyang Imlek mendoakan arwah leluhur, orang tua, dan kerabatnya tetapi juga menggali sejarah pendirian Klenteng Kwan Tie Miaw pada 1797.

Selain itu, wisatawan juga menyaksikan pergelaran kesenian barongsai, pesta kembang api, dan lainnya yang telah digelar pada Sabtu (21/1) malam, sebagai bentuk suka cita masyarakat menyambut dan merayakan Imlek tahun ini.

"Kami memperkirakan pengunjung akan terus bertambah hingga minggu depan, karena tempat ibadah ini memiliki nilai sejarah tinggi yang berkaitan langsung dengan leluhur para pengunjung ini,"katanya.

Menurut dia, warga keturunan Tionghoa mulai menetap di Pulau Bangka dan Belitung sejak 1293. Saat itu rombongan kapal tentara China yang berlayar hendak menyerang Kerajaan Singasari, Jawa Timur, dihantam badai besar dan terdampar dan menetap di pulau penghasil timah ini.

"Kehadiran etnis Tionghoa secara besar-besaran berawal dari penambangan timah untuk menjadi kuli kontrak di Bangka dan Belitung pada 1710,"katanya. Ia menambahkan pelaksanaan ritual sembahyang menyambut Tahun Baru Imlek tahun ini berlangsung aman, lancar, tertib, dan meriah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian, TNI yang telah menjaga keamanan di sekitar klenteng, sehingga pengunjung dapat berdoa dengan aman, nyaman dan tertib,"katanya.(net)

Kredit

Bagikan