Gunung Kerinci Kembali Erupsi, Keluarkan Abu Setinggi 900 Meter

user
Elisatri Putri 11 Januari 2023, 15:52 WIB
untitled

Krsumsel.com - Gunung Kerinci di Provinsi Jambi kembali mengalami erupsi, Rabu (11/1) 2023 pagi hari ini pukul 05.46 WIB dengan ketinggian abu teramati mencapai 900 meter.

" Iya, pagi ini erupsi Gunung Kerinci lagi, ini menjadi erupsi dengan abu tertinggi sepanjang kejadian erupsi sejak beberapa bulan lalu,"kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci Irwan Safwan saat dikonfirmasi wartawan di Jambi, Rabu (11/1).

Ia menjelaskan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur, yakni ke Kerinci dan Solok Selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 8 menit 20 detik.

Saat ini gunung tertinggi di Sumatera itu masih berada pada status level dua atau waspada. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung di dalam radius tiga km dari kawah aktif.

"Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan,"kata Irwan Safwan. Kepala BPBD Kerinci Darifus mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan petugas pemantauan gunung api Kerinci.

Sejauh ini, pihaknya menghimbau untuk masyarakat sekitar untuk selalu siap siaga, dalam hal ini jika nanti abu erupsi masih dengan arah angin menuju pemukiman penduduk maka diharapkan masyarakat menggunakan masker. " Tentu masyarakat harus siap siaga mendengarkan informasi dari Pemerintah Kabupaten, camat hingga kepala desa,"katanya.

Jika melihat laporan dari petugas pemantau gunung yang menyebutkan arah abu menuju timur laut itu berarti sebagian ada mengarah pada rumah penduduk dan sebagian besar ke lahan perkebunan atau hutan, demikian Darifus.(net)

Kredit

Bagikan