Surabaya Berupaya Raih Predikat Kota Layak Anak Dunia

oleh
oleh
Surabaya
banner DPRD OKI

Krsumsel.comPemerintah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur fokus berupaya memenuhi persyaratan-persyaratan untuk mendapat predikat sebagai kota layak anak tingkat dunia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surabaya Tomi Ardiyanto di Surabaya, Senin (26/12) mengatakan, pemerintah kota menggandeng Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unicef) dan lembaga swadaya masyarakat untuk mewujudkan kota layak anak tingkat dunia.

“Mereka sangat peduli terkait dengan keinginan menjadikan Surabaya sebagai kota layak anak, bukan hanya di tingkat nasional, tapi di tingkat internasional,”katanya. Pemerintah Kota Surabaya ia mengatakan, berupaya menggerakkan seluruh unsur dalam masyarakat guna mendukung pelaksanaan kebijakan, program, dan kegiatan yang ditujukan untuk mewujudkan kota ramah anak.

“Kami mengharapkan peran serta dansupport (dukungan) dari stakeholder (pemangku kepentingan) di luar birokrasi. Dalam hal ini, LSM, NGO, dan teman-teman media,”katanya. Ia menjelaskan, penilaian kota layak anak dunia antara lain meliputi indikator pemenuhan hak sipil anak serta hak anak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

“Dukungan dari seluruh stakeholder juga termasuk salah satu indikatornya,”kata dia. Tomi menjelaskan pula, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah menyampaikan surat kepada Unicef Perwakilan Indonesia untuk mengusulkan Surabaya diikutsertakan dalam penilaian kota layak anak tingkat dunia.

“Surabaya sudah berkomitmen untuk mengikuti penilaian atau awarding terkait kota layak anak tingkat dunia,”kata dia. Kepala Kantor Unicef Wilayah Jawa Tubagus Arie Rukmantara menyambut baik keinginan Pemerintah Kota Surabaya untuk mengikuti penilaian kota ramah anak (Child Friendly Cities Initiatives/CFCI).

“Apapun yang belum dilakukan untuk memenuhi kriteria kota layak anak yang penuh, kami akan dukung,”katanya.(net)