MTQ Tradisi Mengenal & Belajar Alqur'an

user
Elisatri Putri 09 Oktober 2022, 12:33 WIB
untitled

Krsumsel.com - Menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, MTQ telah menjadi bagian dari tradisi pengenalan dan pembelajaran Al-Quran.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (9/10) dia mengatakan pelaksanaan MTQ merupakan bagian dari upaya untuk melekatkan Al Quran dalam kehidupan bangsa. Menurut dia, kelekatan Al Quran dalam kehidupan masyarakat antara lain terlihat dari semaraknya kegiatan-kegiatan pengajian.

"Ini bisa dilihat dengan semaraknya pengajian-pengajian di mushala, masjid, bahkan di rumah-rumah. Al Quran adalah gerbang menuju pembentukan peradaban manusia seutuhnya,"katanya.

MTQ XXIX Tahun 2022 dijadwalkan berlangsung 10 sampai 19 Oktober di Provinsi Kalimantan Selatan. Pembukaan MTQ akan dilaksanakan di Kiram Park, Kabupaten Banjar. Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka MTQ pada 12 Oktober 2022.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah mempersiapkan penyelenggaraan MTQ Nasional XXIX, yang diikuti oleh kafilah dari 34 provinsi di Indonesia. "Semoga Kalimantan Selatan bisa menjadi tuan rumah yang baik dan memuaskan kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia,"kata Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

TVRI akan menyiarkan langsung pelaksanaan MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan, yang pada 2022 menjadi tuan rumah MTQ untuk kedua kalinya setelah MTQ II Tahun 1970. TVRI Kalimantan Selatan dan Kompas TV menyiarkan program "Road To MTQ Nasional XXIX" yang mencakup kegiatan pariwisata, budaya, dan usaha kecil di Kalimantan Selatan sebelum pelaksanaan MTQ.(net)

Kredit

Bagikan