157 Ribu Bibit Ikan Dilepas di Sungai Aek Nabirong Pasaman Barat

user
Elisatri Putri 08 Oktober 2022, 21:07 WIB
untitled

Krsumsel.com - 157 ribu ekor bibit ikan dilepas di sungai Perikanan Peridon Lubuk Manggis Aek Nabirong Kecamatan Kota Balingka Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat untuk meningkatkan produksi ikan di daerah itu.

"Ini merupakan pengusulan pokok pikiran sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar dalam program konservasi perikanan restoking,"kata Anggota DPRD Provinsi Sumbar Syamsul Bahri di Simpang Empat, Sabtu (8/10). Menurutnya, pelepasan bibit ikan itu tujuannya untuk melestarikan budidaya ikan di sungai.

Ia berharap, ikan ini dapat berkembang biak tumbuh besar dan dapat membantu perekonomian masyarakat sekitarnya. "Jadi mari kita sama-sama menjaga kelestarian dari pada sungai tersebut,"katanya.

Ia menyebutkan, selain konservasi ikan larangan juga panen ikan larangan yang hasilnya akan di gunakan untuk kepentingan pembangunan masjid, kegiatan pemuda dan kegiatan sosial lainnya di daerah itu serta bisa menjadi destinasi wisata yang berdampak ekonomi bagi masyarakat.

Ketua kelompok pengawas ikan larangan Lubuk Manggis, Najjar Lubis mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit ikan yang diberikan oleh anggota DPRD Provinsi Sumbar Syamsul Bahri.

"Terima kasih telah memberi edukasi dan bantuan bibit ikan sebanyak 157 ribu ekor untuk Lubuk larangan Lubuk manggis kejorongan Aek Nabirong. Saya dan masyarakat akan menjaganya dengan sangat baik,"katanya.

Ia juga juga mengatakan, ini selaras dengan programnya dalam pengembangan perikanan dan juga objek wisata di jorong Aek Nabirong. "Ini sudah selaras dengan program saya dalam pengembangan perikanan dan objek wisata di daerah Aek Nabirong ini. Kita juga sudah membangun lebih kurang 25 hektare kolam ikan air tawar dari target 50 hektare yang akan kita bangun,"sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat Zulfi Agus mengatakan bibit ikan yang disalurkan adalah bibit ikan nilem atau paweh dan bibit ikan garing.

"Semoga bibit ikan ini bisa memulihkan stok ikan endemik di Pasaman Barat. Untuk itu, atas nama Pemkab Pasaman Barat kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Syamsul Bahri yang telah membantu bibit ikan kepada kelompok pengawas perikanan salah satunya perikanan Peridon Aek Nabirong,"katanya.

Ia mengatakan, kegiatan anggota Komisi II DPRD Sumbar dari Pasaman Barat itu merupakan kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Syamsul Bahri, sebagai wakil rakyat beliau siap mendukung dan memperjuangkan kegiatan pengembangan perikanan darat di Pasaman Barat. Semoga ini merupakan awal dari kebangkitan perikanan di Pasaman Barat dan kedepannya dapat terus berlanjut,"ujarnya.

Atas nama Pemkab Pasaman Barat, Zulfi Agus mengungkapkan sangat mengapresiasi usaha yang sudah dirintis oleh Najjar Lubis tersebut. Pemkab melalui Dinas Perikanan siap mendukung dan memprogramkan kegiatan-kegiatan pengembangan perikanan di Aek Nabirong.

"Kedepannya dapat dijadikan sebagai pusat kawasan minapolitan atau pusat kawasan pengembangan perikanan terpadu mulai dari hulu sampai hilirnya,"katanya.(net)

Kredit

Bagikan