Desa Ranupani Lumajang Terisolasi Akibat Banjir & Longsor

user
Elisatri Putri 08 Oktober 2022, 15:40 WIB
untitled

Krsumsel.com - Desa Ranupani di lereng Gunung Semeru Kabupaten Lumajang Jawa Timur terisolasi akibat banjir dan tanah longsor yang menerjang kawasan setempat pada Jum'at (7/10) malam hingga Sabtu hari ini.

"Desa Ranupani di Kecamatan Senduro diterjang banjir dan longsor akibat hujan deras yang mengguyur kawasan setempat, bahkan kami sempat kesulitan menjangkau desa itu,"kata Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) Senduro Kapten Arm Ony Ariyanto dalam keterangan videonya yang diterima ANTARA di Lumajang, Sabtu (8/10).

Dia menyebut, ada beberapa titik longsor yang cukup parah saat menuju Desa Ranupani karena akses jalan tertutup longsor, sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua.

"Memang penuh perjuangan untuk menjangkau Desa Ranupani karena ada enam titik longsor yang sangat parah, sehingga Desa Ranupani terisolir dan kami berusaha membuka akses jalan yang tertutup material longsor tersebut,"tuturnya.

Pihaknya mengambil alih untuk mengatasi material longsor dan mengevakuasi, serta melakukan langkah-langkah penyelamatan warga terdampak banjir dan longsor di Desa Ranupani.

"Kami belum bisa melakukan pendataan korban yang terdampak banjir dan longsor karena fokus utama membuka akses jalan agar Desa Ranupani dapat dilalui kendaraan,"katanya. Ia mengatakan, petugas masih berusaha membuka akses jalan dan membersihkan material longsor yang menutup jalan menuju Desa Ranupani dengan menggunakan alat berat.

Desa Argosari Kecamatan Senduro di lereng Gunung Semeru juga diterjang tanah longsor parah, sehingga akses jalan menuju salah satu dusun tidak bisa dilalui karena ada enam titik longsor yang menerjang desa setempat.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Joko Sambang mengatakan, pihaknya masih berusaha membuka akses jalan menuju Desa Ranupani agar bisa dilalui kendaraan.(net)

Kredit

Bagikan