Kalapas Bandar Lampung Motivasi Napi untuk Miliki Keterampilan

user
Elisatri Putri 04 Oktober 2022, 10:53 WIB
untitled

Krsumsel.com - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Bandarlampung Maizar memotivasi para narapidana memiliki keterampilan untuk menjadi bekal dalam menjalani kehidupan di masyarakat setelah menjalani masa hukuman.

"Kami mengunjungi blok warga binaan yang sedang mengikuti pelatihan kerja untuk memastikan bahwa kegiatan pembinaan kemandirian ini berjalan baik,"katanya di Bandarlampung, Selasa (4/10).

Selain meninjau secara langsung terhadap warga binaan tersebut, ia juga memberikan motivasi kepada warga binaan untuk serius dalam mengikuti kegiatan pelatihan kemandirian yang telah difasilitasi. Pelatihan ini, dirinya sangat berharap para warga binaan memiliki keterampilan sehingga dapat menjadi bekal untuk menjalani kehidupan di kalangan masyarakat yang sesungguhnya.

"Saya ingin kelak mereka ini tidak terlibat lagi tindak pidana, kemampuan yang mereka dapatkan ini bisa ditindaklanjuti ketika mereka bebas. Jadi sedikit demi sedikit dapat membantu perekonomian mereka sehingga mereka tidak melakukan tindak pidana lagi dan bisa menghidupi anak istrinya,"kata dia.

Di dalam Lapas sendiri lanjut dia, ada beberapa kegiatan pelatihan yang dapat diikuti warga binaan di antaranya pembuatan roti, pengelasan, pertukangan mebel, budidaya tanaman hidroponik, jahe merah, konveksi jahit, dan pembuatan tapis.

"Yang terbaru baru-baru ini kita bekerja sama dengan LPK Teladan Sahabat untuk mengajari warga binaan kita membuat aneka kue dan jajanan pasar. Meskipun dalam keterbatasan, tetapi kreativitas mereka tanpa batas. Oleh karena itu semua kegiatan harus berjalan secara rutin, malah yang sudah ada dan tercipta dengan baik ini harus ditambah lagi dengan inovasi yang baru,"kata dia lagi.

Kepala Bidang Kegiatan Kerja Lapas Kelas I Bandarlampung Fauzi Harahap menambahkan, dalam kegiatan pelatihan tersebut pihaknya bersama Kalapas Bandarlampung terus memonitor agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Disamping itu, pihaknya juga selalu memberikan motivasi kepada warga binaan agar tidak melakukan tindak pidana baik di luar maupun saat berada di dalam Lapas sehingga keamanan di dalam Lapas dapat stabil.

"Ke depan kita akan melaksanakan kegiatan budi daya perikanan dan perkebunan tanaman hias. Tentunya kami akan menggandeng terus LPK di wilayah Lampung untuk memberikan motivasi kepada warga binaan kami. Disamping itu juga, pelatihan ini kita berikan sertifikat sehingga mereka dapat dipercaya bahwa mereka memiliki keahlian,"tambahnya.(Antara/iso)

Kredit

Bagikan