BMKG: Gempa Bumi di Maluku Utara Tidak Berpotensi Tsunami

user
Elisatri Putri 02 Oktober 2022, 19:09 WIB
untitled

Krsumsel.com - Plt Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa bumi yang terjadi di wilayah Pantai Barat Laut Halmahera Timur Maluku Utara, Minggu (2/10) tidak berpotensi Tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,"kata Daryono melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu (2/10). Daryono mengatakan, gempa bumi terjadi pada Minggu pukul 08.35 WIB dengan magnitudo 4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,67° LU ; 128,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 KM arah Barat Laut Halmahera Timur, Maluku Utara pada kedalaman 65 KM. Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Morotai dan Halmahera Utara dengan skala intensitas II-III MMI.

Ia menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Menurut dia, hingga pukul 09.05 WIB belum terjadi gempa susulan. "Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),"katanya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pihaknya juga meminta masyarakat agar menjauh dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.(net)

Kredit

Bagikan