Bawaslu Pasaman Barat Terima 5 Pengaduan Pencatutan Nama di Parpol

user
Elisatri Putri 02 Oktober 2022, 19:03 WIB
untitled

Krsumsel.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat menerima Bawaslu Pasaman Barat Terima 5 Pengaduan Pencatutan Nama di Parpol pengaduan masyarakat terkait dengan pencatutan nama mereka sebagai anggota partai politik.

"Hingga saat ini kami menerima lima laporan pengaduan. Mereka tidak menerima namanya tercantum sebagai anggota partai politik,"kata Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat Emra Patria di Simpang Empat, Minggu (2/10). 

Terhadap lima laporan itu, pihaknya telah menyampaikan ke Bawaslu Provinsi Sumbar dan Bawaslu RI. "Bawaslu kabupaten kapasitasnya hanya sebagai penerima laporan atau pengaduan selama verifikasi administrasi keanggotaan partai politik,''katanya menjelaskan.

Dalam verifikasi administrasi partai politik ini kata dia, jika ada masyarakat bukan anggota partai politik tetapi namanya tercantum sebagai anggota partai politik, untuk melapor ke bawaslu setempat.

Saat ini, Bawaslu Pasaman Barat juga terus mengawasi tahapan verifikasi perbaikan partai politik. "Jika nanti masuk tahapan verifikasi faktual, Bawaslu akan ikut juga turun ke lapangan melakukan verifikasi,"ujarnya.

Sementara itu, anggota KPU Kabupaten Pasaman Barat Adri menyebutkan mulai 1 sampai 12 Oktober 2022 pihaknya melakukan verifikasi administrasi dokumen persyaratan perbaikan keanggotaan hasil perbaikan.

Jika ada anggota partai politik yang ganda dan sama-sama membuat surat pernyataan, pihaknya akan menghadirkan kedua pengurus untuk konfirmasi kebenarannya. "Verifikasi administrasi itu melihat kesesuaian kartu tanda penduduk, kecocokan daftar nama, dan lainnya,"katanya.

Mengenai lolos atau tidaknya sebuah partai politik, lanjut dia, akan diketahui pada tanggal 14 Desember 2022.(net)

Kredit

Bagikan