Kompolnas Lakukan Supervisi Penanganan Tragedi Kanjuruhan

user
Elisatri Putri 02 Oktober 2022, 18:45 WIB
untitled

Krsumsel.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) akan melakukan supervisi terkait dengan penanganan tewasnya ratusan suporter sepak bola dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur.

"Kompolnas akan turun ke lapangan untuk supervisi penanganan kasus ini,"kata Ketua Harian Kompolnas Benny Jozua Mamoto saat dihubungi di Jakarta, Minggu (2/10).

Kompolnas kata Benny, akan melakukan supervisi dan evaluasi sejak persiapan pertandingan, antisipasi, dan prediksi belajar dari pengalaman sebelumnya tentang pengamanan pertandingan sepak bola.

Hal itu termasuk koordinasi dengan pihak terkait, arahan dan standar operasional prosedur (SOP) kepada anggota, pihak penyelenggara, khususnya soal jumlah karcis dengan kapasitas stadion dan lain sebagainya.

Benny menambahkan, Presiden Joko Widodo juga sudah memberikan arahan kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo agar melakukan evaluasi dan investigasi.

Ia mengajak semua pihak untuk memberikan kesempatan kepada aparat setempat untuk menangani korban yang meninggal dunia dan korban luka-luka yang sedang dirawat di rumah sakit. Apalagi, dengan jumlah korban yang banyak, butuh penanganan ekstra.

Selain itu, dia juga menyampaikan dukacita yang mendalam kepada keluarga korban yang meninggal dunia, baik dari masyarakat maupun dari anggota Polri. "Kami mendoakan semoga korban yang masih dirawat di rumah sakit segera sembuh kembali,"kata Benny.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menginvestigasi dan mengusut tuntas kericuhan di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 129 orang.

Kepala Negara juga memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepak bola dan prosedur pengamanan penyelenggaraan pertandingan tersebut.(net)

Kredit

Bagikan