Pemkab Aceh Barat Daya Salurkan Puluhan Ribu Bibit Jengkol ke Petani

user
Elisatri Putri 29 September 2022, 12:39 WIB
untitled

Krsumsel.com - Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distanpan) Kabupaten Aceh Barat Daya Provinsi Aceh menyalurkan puluhan ribu bibit jengkol unggul kepada petani setempat untuk mendukung peningkatan pendapatan mereka.

"Bantuan bibit, pupuk, dan obat pembasmi gulma saat ini sangat dibutuhkan petani dalam merawat kebun mereka di tengah melonjaknya harga sarana produksi pertanian,”kata Pejabat Pembuat Komitmen Distanpan Kabupaten Abdya Teuku Indra di Blangpidie, Kamis (29/9).

Ia menjelaskan, bantuan bibit jengkol unggul untuk petani tersebut berjumlah 79.700 batang yang diterima 22 kelompok tani setempat. Distanpan melakukan pengadaan bibit jengkol beserta pupuk dan obat pertanian untuk dibagikan ke petani yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2022.

"Alhamdulillah, proses penyaluran bibit jengkol berserta pupuk dan obat pembasmi gulma ini sudah berjalan 80 persen,"kata Indra. Dia mengatakan, sekitar empat kelompok yang belum mendapatkan penyaluran bantuan tersebut, namun diperkirakan awal Oktober 2022 program itu selesai disalurkan ke petani.

Proses penyaluran bibit jengkol bersamaan dengan pupuk dan obat pembasmi gulma itu dilakukan pihak penyedia. "Kami meminta kepada penerima manfaat bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pengembangan jengkol dan jangan ada petani yang menjual bibit, pupuk, dan obat-obatan yang diberikan ini diperjualbelikan dan jangan ditelantarkan,"kata dia.

Ia berharap, semua bibit yang telah diberikan oleh pemerintah harus ditanam, dibudidayakan, dirawat sebaik mungkin agar ke depan menjadi sumber ekonomi baru petani di desa-desa.(net)

Kredit

Bagikan