Survei BPS: Kepri Masuk Daftar Provinsi Paling Bahagia

user
Elisatri Putri 28 September 2022, 11:42 WIB
untitled

Krsumsel.com - Provinsi Kepulauan Riau masuk dalam daftar provinsi paling bahagia urutan ke 6 berdasarkan survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). 

Menurut Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, terdapat beberapa faktor pendukung dalam penilaian yang dilakukan BPS sehingga Kepri masuk dalam daftar provinsi paling bahagia, di antaranya sisi keamanan, sisi ketersediaan fasilitas publik, serta menekan angka kriminalitas.

"Ya kita senang, masyarakat di Kepri ini dari sisi keamanan, ketertiban, ketentraman dari sisi moderasi, sisi ketersediaan fasilitas hiburan sudah di pandang memadai,"kata Gubernur Ansar di Batam, Rabu (28/9). Lebih lanjut Ansar menyebutkan, Pemerintah Provinsi Kepri terus mendorong pengembangan ruang publik agar bisa dinikmati oleh masyarakat setempat.

"Seperti mini zoo, pusat main anak, pusat komunitas. Jadi masyarakat bisa berkreasi, beraktivitas, dan berinovasi,"ujar dia. Berdasarkan data yang dirilis BPS terdapat 10 provinsi paling bahagia di Indonesia yaitu Maluku Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Jambi, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Sementara itu terdapat 10 provinsi paling tidak bahagia, yaitu Banten, Bengkulu, Papua, NTB, Jawa Barat, NTT, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Barat. Alat ukur indeks kebahagiaan yang dilakukan BPS yaitu Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilakukan setiap 3 tahun sekali melalui pengukuran terhadap kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup. Indeks kebahagiaan Indonesia naik 0,8 persen menjadi 17,49 persen dibanding 2017.(net)

Kredit

Bagikan