42 Persen Pendaftar Panwascam di Pariaman Perempuan

user
Elisatri Putri 28 September 2022, 11:28 WIB
untitled

Krsumsel.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baawaslu) Kota Pariaman Sumatera Barat menerima antusiasme pendaftar calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan di daerah itu.

"Sebanyak 66 orang atau sekitar 42 persen dari 157 calon anggota Panwaslu kecamatan mendaftar, sehingga upaya mewujudkan kesetaraan gender di daerah kami semakin nampak," kata Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan di Pariaman, Rabu (28/9).

"Jumlah ini di luar ekspektasi kami. Kami membutuhkan keterwakilan perempuan minimal 30 persen, jadi antusiasme ini luar biasa,"kata Riswan. Menurut dia, tingginya pendaftar dari kalangan perempuan itu antara lain disebabkan sosialisasi Bawaslu Kota Pariaman yang gencar dilakukan sebelum pembukaan pendaftaran. Selain itu tambahnya, penerimaan anggota ad hoc di Bawaslu juga lebih dulu dilakukan daripada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dengan tingginya antusiasme pendaftar Panwaslu kecamatan tersebut, dia berharap kegiatan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 khususnya di Kota Pariaman dapat berkualitas.

Riswan menjelaskan, sebagian besar pendaftar Panwaslu kecamatan di Kota Pariaman merupakan orang-orang yang sebelumnya pernah menjadi pengawas atau penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan dan desa di daerah tersebut.

Meskipun demikian katanya, Bawaslu Kota Pariaman tetap akan melakukan seleksi terhadap calon anggota Panwaslu kecamatan berdasarkan berkas yang dikirim atau administrasi, tes computer assissted test (CAT) dan wawancara. "Jadi, ada enam orang yang akan mengikuti tahapan wawancara di masing-masing kecamatan,"kata Riswan.

Dia menyebutkan, sedikitnya ada 12 anggota panwaslu kecamatan yang direkrut Bawaslu Kota Pariaman untuk ditempatkan di empat kecamatan. Sekretaris Bawaslu Kota Pariaman Riky Falantino mengatakan, cukup banyaknya jumlah perempuan pada pendaftaran Panwaslu kecamatan itu menunjukkan kesetaraan gender di Pariaman sudah mulai meningkat.

"Jadi, tidak saja sebaran pendaftar di masing-masing kecamatan untuk panwaslu kecamatan di Pariaman paling banyak di tingkat provinsi, namun juga keterwakilan perempuan,"jelasnya. Bawaslu Kota Pariaman memastikan akan merekrut anggota panwaslu kecamatan secara ketat guna mengawasi Pemilu Serentak 2024.

"Ada 12 orang yang akan direkrut untuk empat kecamatan di Pariaman, jadi tiap kecamatan ada tiga anggota Panwascam,"ujar Riky. Dia mengatakan, anggota Panwaslu kecamatan mulai bertugas pada Oktober 2022 hingga akhir tahapan Pemilu Serentak 2024. Namun lanjutnya, tidak menutup kemungkinan anggota ad hoc itu akan bertugas sampai selesainya pelaksanaan Pilkada.(net)

Kredit

Bagikan