Kodim 0309/Solok Tanam Jamur Tiram Bangkitkan Ekonomi Warga

user
Elisatri Putri 18 September 2022, 16:19 WIB
untitled

Krsumsel.com - Kodim 0309/Solok Sumatera Barat turut serta mengembangkan dan membudidayakan jamur tiram melalui salah satu program pemberdayaan prajurit dan masyarakat produktif (P3MP) untuk membantu menopang ketahanan pangan dan membangkitkan ekonomi warga di wilayah jajaran Kodim setempat.

Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan di Solok, Minggu (18/9) mengharapkan kegiatan pembudidayaan jamur tersebut dapat membangkitkan perekonomian masyarakat yang dimulai dari internal prajurit sendiri.

Dandim 0309/Solok itu menjadikan budidaya jamur tiram sebagai pilihan inovasi penggerak ekonomi kreatif dalam program pemberdayaan prajurit dan masyarakat setempat.

Dengan memanfaatkan lahan dan ruang kosong di lingkungan rumah dinas Dandim 0309/Solok itu, budidaya sumber pangan kaya nutrisi dan manfaat itu telah nyata memberikan hasil bagi para prajurit di wilayah Kodim setempat, terlebih bagi masyarakat sekitar.

Proses budidaya jamur tiram tersebut dimulai dari pembuatan media tanam (baglog) hingga perawatan dengan harapan bisa memanen hasil yang maksimal dan memuaskan, sehingga bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi masyarakat luas.

"Semoga program ini dapat memotivasi masyarakat untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan peluang-peluang usaha yang terkadang tampak sepele, namun menjanjikan dalam upaya mendongkrak dan meningkatkan kesejahteraan,"ucap dia.

Selain itu, Dandim juga menyediakan makanan hasil olahan jamur tersebut diantaranya berupa tahu goreng isi jamur tiram, bakwan jamur, bakso jamur, rendang, pepes, serta cemilan jamur crispy, dan pempek jamur dengan cita rasa yang enak.

Kodim 0309/Solok juga membuka peluang bagi masyarakat yang ingin membudidayakan jamur dengan menjual baglog seharga Rp4 ribu per buah. Baglog yang dijual adalah baglog yang sudah siap produksi. Masa produksinya berlangsung selama empat sampai lima bulan.

Dia juga berharap ke depannya, selain terkenal sebagai daerah penghasil beras, Solok kelak juga bisa tampil sebagai sentra penghasil jamur. Karena usaha tersebut cukup mudah dengan modal yang tidak begitu besar, namun cukup menjanjikan bahkan menggiurkan hasil yang bisa diperoleh.(net)

Credits

Bagikan