Pemerintah RI Terus Waspadai Penyakit Mulut & Kaki Ternak

user
Elisatri Putri 17 September 2022, 14:46 WIB
untitled

Krsumsel.com - Pemerintah RI masih terus mewaspadainya penyakit mulut dan kaki karena penyakit itu masih tetap ada dan sekaligus untuk menjaga ketahanan pangan.

"Pemerintah terus mewaspadai dan menangani PMK agar produksi hasil ternak tidak turun dan masyarakat terlindungi,"ujar Inspektur jenderal Kementan RI Dr Jan Samuel Maringka di PT Graha Segara Belawan Gabion Belawan, Sabtu (17/9).

Dia mengatakan itu usai Apel Siaga PMK dan Ketahanan Pangan Menjaga Komitmen Penanganan PMK oleh Satuan Tugas Penanganan PMK. Sumut sendiri misalnya kata dia, termasuk salah satu provinsi yang masih diserang dan rawan terserang PMK.

Menurut Jan Maringka, selain memantau pintu masuk resmi, pengawasan ketat harus dilakukan juga di jalur-jalur "tikus". "Jangan sampai hewan atau daging terkena PMK masuk ke Indonesia yang menambah serangan penyakit itu secara lebih besar,"katanya.

Penanganan PMK ujar dia, dilakukan pemerintah dengan mengawasi /membatasi lalu lintas hewan, dan menyalurkan anggaran untuk pengobatan dan mengatasi PMK ke setiap provinsi. "Anggarannya ke setiap provinsi berbeda tergantung kasus PMK,"katanya.

Selain mengoptimalkan pengawasan PMK, Kementan RI juga terus melakukan upaya peningkatan produksi bahan pangan lainnya. "Krisis pangan melanda dunia.Meski Indonesia masih tergolong mampu bertahan, tetapi harus menjadi perhatian serius dan itu tanggung jawab semua kalangan,"katanya.(rel)

Credits

Bagikan