Warga Penajam Jangan Takut Periksa Kesehatan Untuk Kendalikan COVID-19

user
Idham Syarief 20 Agustus 2020, 22:00 WIB
untitled

Penajam, KRsumsel.com - Warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, jangan takut atau khawatir menjalani pemeriksaan kesehatan karena merupakan salah satu upaya untuk kendalikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

"Pemeriksaan kesehatan sangat penting dilakukan terutama bagi yang memiliki kontak langsung atau erat dengan pasien COVID-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Wayong ketika dihubungi di Penajam, Kamis.

Masyarakat diminta tidak perlu khawatir untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebab sebagai salah satu upaya mengendalikan penyebaran virus corona.

Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Arnold Wayong, berpotensi bertambah lagi, apalagi jika kesadaran warga menerapkan protokol kesehatan saat bepergian masih rendah.

"Untuk kendalikan penyebaran virus corona diimbau masyarakat untuk tidak panik atau malu saat hendak melakukan pemeriksaan kesehatan," tegasnya.

Pemeriksaan kesehatan itu terutama terkait apakah warga bersangkutan terpapar COVID-19 atau tidak. Jika terpapar akan ditangani lebih lanjut.

Saat ini, jumlah pasien positif virus corona di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 15 orang dan satu orang meninggal dunia.

Sedangkan untuk pasien diduga terinfeksi COVID-19 yang meninggal dunia dengan penyakit penyerta (komorbid) mencapai delapan orang dari sebelumnya hanya enam orang.

Arnold Wayong juga meminta masyarakat tidak memberikan sanksi sosial atau menjauhi pasien COVID-19 serta keluarganya, karena penyakit itu bukan aib dan dapat disembuhkan.

"Mulai dari diri sendiri menjaga kesehatan dan bersih lingkungan untuk menghindari terjangkit virus corona, jaga jarak dan gunakan masker saat di luar rumah," ucapnya.

Dengan menggunakan masker, kata Arnold Wayong, 80 sampai 90 persen dapat terhindar dari COVID-19. Warga harus patuh atau taat dengan protokol kesehatan anjuran pemerintah. (Anjas)

Kredit

Bagikan