PDAM Penajam Gratiskan Pemasangan 2.350 Sambungan Baru

user
elisa 22 Juni 2021, 09:30 WIB
untitled

Penajam, KRsumsel.com - Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Danum Taka, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, menggratiskan pemasangan meteran air untuk 2.350 sambungan rumah (SR) masyarakat berpenghasilan rendah.

"Pemasangan water meter baru untuk 2.350 SR ini merupakan Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2021," kata Direktur PDAM Danum Taka PPU Abdul Rasyid di Penajam, Kaltim, Senin.

Program hibah yang diluncurkan Bupati PPU melalui PDAM Danum Taka ini untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah yang belum terlayani air bersih.

Angka 2.350 SR tersebut diperoleh dari jumlah awal sebanyak 2.250 SR, kemudian ditambah lima persen bagi rumah yang belum terpasang meteran air dari PDAM.

"Ada hal spesial bagi warga Kecamatan Babulu, karena tahun ini Babulu merupakan pemasangan yang pertama kalinya mendapatkan fasilitas air minum dari PDAM Danum Taka, yakni sebanyak 1.000 SR," ujarnya.

Pemasangan baru untuk warga Babulu seiring telah dibangunnya water treatment plant (WTP) dengan kapasitas 10 liter per detik, termasuk jaringan perpipaan dari Desa Babulu Darat ke Desa Babulu Laut sepanjang 17 km.

Pembangunan WTP dan jaringan pipa ini pembiayaannya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) PPU 2021, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat.

"Selain pemasangan water meter, kegiatan lain yang kami laksanakan tahun ini adalah pemasangan pipa jaringan dari WTP di Kecamatan Sepaku ke rumah jabatan bupati di titik nol calon ibu kota negara (IKN) baru, guna membantu mencukupi air minum di kawasan titik nol IKN," ucap Rasyid.(Anjas)

Kredit

Bagikan