SDA Jakbar: Banjir Disebabkan Air Kiriman dari Bogor

user
elisa 09 November 2021, 11:45 WIB
untitled

Jakarta, KRsumsel.con - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat mengungkapkan, banjir yang terjadi di wilayah itu pada Minggu (7/11) bukan akibat hujan deras melainkan kiriman dari Bogor yang mengalir lewat Sungai Pesanggrahan.

"Memang semua yang dekat Kali Pesanggrahan itu banjir. Jadi genangan itu dari Kali Pesanggrahan," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas (Sudin) SDA Jakarta Barat Wawan Kurniawan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa. SDA Jakbar: Banjir Disebabkan Air Kiriman dari Bogor

Wawan mencontohkan beberapa genangan yang terjadi seperti di Green Garden dan Jalan Haji Briti Kebon Jeruk.

Menurut dia, luapan air dari Katulampa (Bogor) begitu tinggi sehingga air cepat meluap. Kondisi itu diperparah dengan belum maksimalnya normalisasi bantaran kali.

Karena itu, pihaknya tengah membangun tanggul sementara di beberapa titik aliran Kali Pesanggrahan guna menahan air agar tidak

meluap.

"Kita bangun tanggul sementara di tiga titik aliran yang banjir kemarin. Tiga titik itu ada di kecamatan Kebon Jeruk semua," kata dia.

Dengan adanya tanggul sementara itu, Wawan memastikan air akan cukup tertahan sehingga tidak mudah masuk ke permukiman.

Selain itu, dia juga tetap memastikan drainase dan beberapa saluran air di lokasi berjalan lancar.

Hujan deras sempat melanda Jakarta Barat pada Minggu (7/11) siang. Akibatnya beberapa wilayah permukiman terendam banjir. Salah satunya permukiman di Jalan Haji Briti, Kembangan Selatan, Kembangan.(Anjas)

Kredit

Bagikan