Wabup Sleman Dukung Peningkatan Keterampilan Digital Pegawai Kehumasan

user
elisa 17 November 2021, 15:03 WIB
untitled

Sleman, KRsumsel.com - Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mendukung peningkatan keterampilan digital bagi pegawai kehumasan sebagai upaya menciptakan publikasi berita dan informasi yang memenuhi standar, kaidah, dan etika jurnalistik di media digital, serta memenuhi standar keamanan informasi digital.

"Peningkatan keterampilan digital tersebut juga penting dan perlu bagi reporter media massa," kata Danang Maharsa pada acara Thematic Academy Kelas Digital Media Reporter di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, pesatnya perkembangan teknologi yang tidak dapat diprediksi pada saat ini membuat semua industri salah satunya media massa mau tidak mau harus bertransformasi dan terus beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi digital.

Wabup Sleman Dukung Peningkatan Keterampilan Digital Pegawai Kehumasan

"Untuk mewujudkan keberhasilan penyampaian informasi atau berita yang benar serta sesuai dengan kaidah jurnalistik, reporter harus terus diberikan kesempatan dan ruang untuk meningkatkan dan mengasah ketrampilannya," katanya.

Ia mengatakan, untuk itu dirinya sangat mendukung pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta ini.

"Namun demikian di sisi lain kita juga perlu meningkatkan kemampuan literasi masyarakat dalam bermedia sosial. Acap kali karena keterbatasan literasi media sosial masyarakat banyak pihak yang terjebak pada penyebaran berita hoax," katanya.

Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Zulkurnaen mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan wujud nyata dalam mengembangkan talenta-talenta digital serta memberikan kesempatan bagi reporter dalam meninygkatan keterampilan digital.

Menurut dia, Temathic Academy merupakan salah satu program Digital Talent Scholarship (DTS) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang diselenggarakan secara daring maupun luring.

"Adapun materi pelatihan dalam kegiatan tersebut mencakupi sembilan unit kompetensi mulai dari kompetensi mengumpulkan data dan informasi bahan berita dengan menggunakan digital tools sampai dengan kompetensi menerapkan sistem keamanan informasi digital," katanya.(Anjas)

Kredit

Bagikan