Bupati Purbalingga: Perlu Kreativitas Tingkatkan Capaian Vaksinasi

user
elisa 19 November 2021, 22:18 WIB
untitled

Purbalingga, KRsumsel.com - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengingatkan seluruh jajarannya mengenai perlunya strategi khusus dan kreativitas untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat.

"Perlu cara-cara kreatif guna meningkatkan minat warga untuk divaksin dan pada akhirnya meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19, khususnya pada sasaran lansia," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat.

Dia mencontohkan perlu dibuat sosialisasi yang disesuaikan dengan bahasa dan budaya lokal yang ada di wilayah setempat.

"Bisa juga dengan membuat lomba sosialisasi bagi satgas COVID-19 di tingkat kecamatan. Bagi anggota satgas memenangkan lomba atau yang paling banyak terlibat dalam sosialisasi akan mendapatkan hadiah," katanya.

Ia mengatakan upaya percepatan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah ini membutuhkan peran dari semua pihak terkait.

"Mari bersama-sama berlari untuk meningkatkan capaian vaksinasi, pada saat ini Purbalingga masih masuk dalam kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level III, minggu depan targetnya turun ke level II lalu Desember menjadi level I," katanya.

Dia mengharapkan dengan penurunan level PPKM upaya pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan makin optimal.

"Kalau sudah tercapai menjadi level I maka pemulihan ekonomi diharapkan secara bertahap akan naik dan tahun 2022 geliat pembangunan dan perekonomian di Purbalingga kembali terasa," katanya.

Ia juga mengingatkan perlunya segera memasukkan data terbaru hasil vaksinasi ke dalam aplikasi yang telah tersedia.

"Jangan hanya semangat menyuntik vaksin namun juga perlu memasukkan datanya baik melalui aplikasi yang ada, ini juga menjadi hal yang sangat penting," katanya.

Dengan demikian, kata dia, data segera masuk untuk kemudian diolah menjadi persentase capaian vaksinasi.

"Oleh karenanya masalah memasukkan data ini juga harus menjadi perhatian. Bagi yang memiliki kendala bisa merangkul dan memberdayakan organisasi lain atau tenaga instansi setempat yang menguasai teknologi informasi," katanya.

Ia menyebutkan saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Purbalingga secara keseluruhan 57 persen dari total sasaran.

"Kendati demikian dosis pertama untuk lansia baru sebesar 39,5 persen sehingga belum bisa turun ke kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 2," katanya.

Ia mengajak semua pihak berperan aktif dalam mempercepat capaian vaksinasi, mulai dari jajaran Pemkab Purbalingga hingga seluruh masyarakat.(Anjas)

Kredit

Bagikan