Perekonomian di Tarakan Tumbuh Sebesar 5,27 Persen

user
elisa 16 Desember 2021, 08:10 WIB
untitled

Tarakan, KRsumsel.com - Perekonomian di Kota Tarakan sampai pada September 2021 telah tumbuh 5,27 persen year on year dibandingkan periode sebelumnya, kata Wali Kota Tarakan Khairul

Wali Kota Tarakan Khairul pada Hari Jadi Ke-24 Kota Tarakan, Rabu (15/12), mengatakan bahwa pemerintah kota setempat terus bertekad untuk menjadikan bagaimana daerah ini menjadi kota yang pengelolaannya dengan cermat, kemudian kota yang nyaman.

"Selain itu, kota yang memberikan ruang seluas-luasnya bagi semua untuk meraih kesejahteraan. Inilah esensi smart city yang diusung dalam visi Kota Tarakan," kata Khairul.

Semangat ini pula, lanjut dia, yang mendorong pemkot setempat melaksanakan berbagai upaya untuk mendorong bangkit dan tumbuhnya UMKM kota ini melalui dukungan kebijakan, promosi, dan pendampingan.

Perekonomian di Tarakan Tumbuh Sebesar 5,27 Persen

Apalagi, kata Wali Kota, UMKM menopang hampir 2/3 porsi perekonomian Kota Tarakan dan lebih dari 3/4 masyarakat usia produktif di daerah bekerja pada sektor tersebut.

Sesuai dengan Rencana Kerja Pembangunan, kata Khairul, pada tahun 2021 menjadi tahun pemantapan pengembangan ekonomi wilayah dan sumber daya lokal yang berkualitas.

Untuk itu, penyambungan PDAM gratis, pembangunan embung, objek wisata, pembangunan di lingkungan RT, serta dukungan bagi pelaku usaha perikanan dan pertanian.

Di samping itu, pemenuhan ruang dan fasilitas publik yang nyaman dan layak, pembangunan pusat aktivitas keagamaan, olahraga, dan lain sebagainya terus dilanjutkan.

"Komitmen pembangunan ini tentunya dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik," kata Khairul menegaskan.

Pembangunan dengan perencanaan yang matang dengan evaluasi yang terukur, menurut dia, yang menjadikan Kota Tarakan terus dapat mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Pemerintah pada tahun ini.

Dikatakan pula bahwa layanan publik juga ditingkatkan dengan beroperasinya Mal Pelayanan Publik.

"Hari ini (15/12) untuk peningkatan layanan publik, kami akan meluncurkan command center untuk makin melengkapi infrastruktur smart city yang saat ini telah berjalan," kata Khairul.(Anjas)

Kredit

Bagikan