Satgas: 14 Kecamatan di Bantul Bebas Kasus Aktif COVID-19

user
elisa 22 Desember 2021, 08:30 WIB
untitled

Bantul, KRsumsel.com - Sebanyak 14 dari total 17 kecamatan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, per 21 Desember tercatat nol atau bebas kasus aktif COVID-19 karena pasien konfirmasi yang sebelumnya isolasi dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 Bantul di Bantul, Selasa, kecamatan dengan nol kasus aktif itu adalah Sedayu, Kasihan, Piyungan, Sewon, Pajangan, Dlingo, Jetis, Imogiri, kemudian Pandak, Pundong, dan Bambanglipuro, serta Srandakan, Sanden, dan Kretek.

Sementara tiga kecamatan di Bantul lainnya yang masih terdapat kasus aktif COVID-19 atau pasien isolasi adalah Kecamatan Banguntapan terdapat tiga orang, kemudian Pleret dua orang, dan Bantul satu orang.

Satgas: 14 Kecamatan di Bantul Bebas Kasus Aktif COVID-19

Sementara itu, dalam periode tersebut dilaporkan bahwa kasus konfirmasi COVID-19 bertambah satu orang, sementara kasus konfirmasi yang sembuh tiga orang, sedangkan kasus konfirmasi yang meninggal nol orang, atau tidak ada laporan kasus baru.

Dengan perkembangan kasus harian itu, maka total kasus positif COVID-19 di Bantul secara kumulatif berjumlah 57.407 orang, dengan angka kesembuhan mencapai 55.832 orang, sementara kasus kematian akibat virus corona tersebut berjumlah 1.569 orang.

Dengan demikian, data kasus aktif COVID-19 atau pasien yang masih terinfeksi dan menjalani isolasi maupun karantina di selter dan rumah sakit wilayah Bantul per hari Rabu tinggal enam orang.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangan resmi Pemkab, mengajak masyarakat terus berupaya semoga Bantul segera dinyatakan nol kasus COVID-19, dan selalu berpesan utamanya tetap menjaga protokol kesehatan di manapun dan kapan pun berada.

"Mari bersama kita putus rantai penyebaran COVID-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas," katanya.

Sementara itu, terkait capaian vaksinasi COVID-19 di Bantul per 18 Desember, data warga yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 698.406 orang, dari total sasaran vaksinasi sebanyak 899.352 orang.

Untuk menyukseskan percepatan vaksinasi, Pemkab mengimbau warga Bantul yang belum tervaksin COVID-19 bisa datang langsung ke Dinas Kesehatan dengan membawa KTP, atau bisa melalui website ikutvaksin.bantulkab.go.id.(Anjas)

Kredit

Bagikan