Tiga BLK di Penajam Didorong Menjadi Inkubator Bisnis

user
elisa 26 Desember 2021, 16:41 WIB
untitled

Penajam, KRsumsel.com - Tiga Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur didorong menjadi inkubator bisnis untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) baru tersebut.

Tenaga Ahli Bupati PPU Bustanul Arifin di Penajam, Minggu menyebutkan, tiga BLK komunitas itu adalah BLK milik Ponpes Darussyafa'ah di Kecamatan Babulu, BLK milik Ponpes Binaul Muhajirin di Babulu, dan BLK milik PC Ansor PPU di Kecamatan Penajam.

Rencana ini sudah ia komunikasikan dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, bahkan menteri pun sependapat dengan BLK yang ada akan dikembangkan menjadi inkubasi untuk mempercepat pertumbuhan usaha masyarakat.

Di BLK tersebut, lanjutnya, selain kegiatan rutin berupa pelatihan yang dilakukan selama ini, maka akan ditindaklanjuti dengan usaha riil dari hasil pelatihan, sehingga akan mampu menjadi pioner usaha berbasis masyarakat.

Tiga BLK di Penajam Didorong Menjadi Inkubator Bisnis

"Misalnya, jika di BLK tersebut menggelar pelatihan menjahit mulai tingkat dasar hingga tingkat mahir, maka untuk tindaklanjutnya antara lain dengan membuka konveksi, sehingga bukan hanya bisa dijalankan oleh komunitas, tapi juga meluas hingga ke masyarakat luas," katanya.

Dari sini, peserta pelatihan yang kemudian menjadi pelaku usaha akan terus mendapat pendampingan dengan berbagai pola, sehingga calon entrepneur yang masih ragu akan selalu mendapat bimbingan dari pendamping sampai mereka percaya diri dan bisa mandiri.

Melalui BLK inkubator, lanjutnya, setelah mendapat pelatihan, kemudian diarahkan membantu usaha skala kecil yang terus dikembangkan melalui pendampingan manajemen organisasi, koneksi, bahkan bisa jadi sampai bantuan permodalan.

"BLK inkubator bisnis selain memberikan bantuan pelatihan, bisa juga membantu dari sisi permodalan, bisa juga bisnis rintisan terkait fasilitas kerja, bimbingan, dan hal lainnya agar usahanya berkembang secara berkelanjutan," katanya.

Selain BLK komunitas, lanjutnya, kelompok pelatihan seperti Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) juga bisa didorong menjadi inkubator bisnis, sehingga upaya Pemkab PPU untuk pengembangan ekonomi masyarakat cepat tercapai.(Anjas)

Kredit

Bagikan