Akibat Kemacetan di Merak-Bakauheni, Jokowi Imbau Masyarakat Tidak Semua Balik Sabtu dan Minggu

user
adminoke 03 Mei 2022, 07:40 WIB
untitled

Kejadian kendaraan bermotor menumpuk di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni pada puncak mudik kemarin diantisipasi Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan, kejadian tersebut seharusnya bisa menjadi pembelajaran masyarakat. Karena dia mengklaim langkah pemerintah mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak sudah dilakukan dengan cepat dan penuh perhitungan.

"Memang kapalnya sudah ditambah dari sekitar 30-an menjadi 50-an. Tapi memang dermaganya tidak cukup. Ditambah lagi dermaganya 2 lagi, baru bisa mengurangi," ujar Jokowi usai bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta, Senin (2/5).

Hingga hari h lebaran ini, Jokowi menerima laporan aktivitas mudik masih dilakukan oleh masyarakat. Hanya saja ia mendapati keadaannya sudah tidak sepadat beberapa hari menjelang lebaran.

"Arus mudiknya saya melihat semuanya berjalan dengan baik. Bahwa ada hal-hal kecil di Merak-Bakauheni (beberapa hari lalu) ngantri 12 jam karena memang volume kendaraannya terlalu banyak, tidak sesuai kapasitas, dermaga tidak sesuai kapasitas yang ada," katanya.

Maka dari itu, pada arus balik nanti mantan Walikota Solo ini mengimbau masyarakat agar bisa menentukan tanggal yang tepat."Sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar ada yang lebih awal. Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya hari Sabtu dan Minggu. Pasti akan terjadi titik kemacetan terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," tandasnya. ****

SUMBER : RMOL

Credits

Bagikan