Ikatan Alumni IKPM Sumsel Yogyakarta Gelar Kongres Pertama

user
adminoke 24 Juli 2022, 10:20 WIB
untitled

Yogyakarta, KRSUMSEL.COM – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Ikatan Keluarga Keluarga Pelajar dan Mahasiswa (IKPM) akan menggelar Kongers Ke-1 di Asarama Seganti Setungguan, Ahad jam 12 siang (24/07/2022).

Pembentukan alumni hasil dari keputusan Musyang (Musyawarah Anggota) IKPMSum-SelYogyakarta yang dilaksanakan Kamis, 21 juli 2020. IKA IKPM Sumsel-Yogyakarta merupakan rumah bersama yang diharapakan menjadi salah satu wadah silaturahmi antar alumni dan sarana juang di bidang pendidikan serta sosial ekonomi dalam menunjang kegiatan yang ada di IKPM Sum-Sel Yogyakarta.

Kongres Ikatan Keluarga Alumni IKPM Sum-Sel Yogyakarta memiliki rangkaian acara diantara stadium general yang di isi dengan tokoh-tokoh yang berkompten dan hingga alumni yang sudah duduk di jabatan structural di Sumatera Selatan. Adapun materi yang akan disampaikan diantaranya problematika daerah, sejarah IKPM Sumsel dan kontribusi pemuda untuk pembangunan daerah.

Menurut Maheli Andi, Ketua Umum IKPM Sum-Sel Yogyakarta, Kongres IKA IKPM Sumsel Ke-1 bagian dari menunaikan perintah konstitusi, yang mana MUSYANG ke-18 IKPM Sum-sel kemaren di Maguwo Ashela Caffe.Wadah baru yang lebih penting untuk para alumni (Ikatan Keluarga Alumni IKPMSumsel YK) karena setelah berproses di IKPM, langsung disambut kedalam wadah IKA. jenjang berproses dan bersama semakin kuat dan juga menjadi semakin besar.

“Bentuk ekspansi warga Sumsel ke berbagai wilayah menjadi semakin kuat stuktur kedaerahan karena wadah silaturrahmi di tingkat senior sudah ada, sehingga kualitas dan pengabdian kepada daerah menjadi semakin kuat dan terorganisir. Lebih dari itu untuk prosesnya IKPM Sum-Sel ketika kelak sudah ada organisasi ditingkat senior/alumni maka sangat mudah membahas banyak hal dalam mendampingi prosesnya para kader kedepannya. Wadah alumni ini ketika kelak sudah dicetuskan, maka semua alumni akan dengan sendirinya menghimpun diri untuk bergabung. Lahirkan dulu, tugas selanjutnya kita besarkan sama-sama,” jelas Andi.

Menurut ketua panitia, Rizky Hoksen ketika awal terbentuknya kepanitian ini di tanggal 3 juli 2022 sudah banyak melalui dinamika yang begitu elok sehingga terpilihnya saya sebagai ketua panitia dan sturkuturnya langsung. Langkah awal yang diambil kepanitiaan yaitu dengan mengkonsep acara kongres kali ini yang berbeda dengan kongres-kongres lainnya.

Pada pelaksanaan nanti Saya berharap peserta menyimak materi yang disampaikan oleh Narasumber karena itu bekal dalam proses Kongres dan jalannya organisasi Alumni ke depan. Kongres ini merupakan langkah awal untuk kita berproses setelah di IKPM Sumsel Yogyakarta dengan harapan alumni dapat menjadi salah satu fasilitator untuk kajian pendidikan, ekonomi, sejarah, dan pengembangan daerah,” tegas Hoksen

Sementara itu, menurut Ketua Badan Pelaksana IKA IKPM Sumsel Yogyakarta, Fakhrial Arjani, SH bahwa Ikhtiar ini merupakan kristalisasi dari kehendak untuk bersatu, berdasarkan semangat kebersamaan dalam upaya mewujudkan cita cita tentang keadilan dan kesetaraan dibidang pendidikan, ekonomi dan sosial. Dalam hal ini dengan penuh kesadaran IKA IKPM Sumsel Yogyakarta mendesak untuk dilembagakan secara formal dan seterusnya secara tegas agar mengambil sikap sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses mengawal dan mengisi kemerdekaan indonesia.

“Saya berharap ikthiar bersama ini menjadi semangat awal untuk menyatukan semua elemen alumni hingga mempunyai kekuatan baru dalam preoses dialektika membangun daerah dan Bangsa Indonesia. Sebagai penutup saya ingin mengutip salah satu bait indah yang terkandung di dalam lirik lagu gending sriwijaya, semoga dapat menjadi pengingat bagi kita semua tentang peran dan fungsi sekaligus ghiro dari perjuangan ini, yaitu “Memasyurkan Indonesia di Benua Asia,” selanjutnya hal ini kita jadikan semangat dalam proses dialetika Kongres nanti,” tutup Fakhrial (****)

Credits

Bagikan