Menteri LHK Apresiasi Inovasi Pemda Selesaikan Isu-Isu Lingkungan

oleh -94 pembaca

Jakarta, KRsumsel.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya terus mengapresiasi dan terus mendorong peran dan inovasi pemerintah daerah serta DPRD dalam upaya pelestarian lingkungan hidup di seluruh daerah di Indonesia.

“Berbagai inovasi daerah dalam menyelesaikan isu-isu lingkungan merupakan hal yang sangat patut kita hargai karena merupakan kunci bagi terjaminnya kelestarian lingkungan di daerah,” kata Menteri LHK Siti dalam acara anugerah kepemimpinan hijau Nirwasita Tantra 2020, yang dipantau virtual dari Jakarta, Selasa.

Peran cabang eksekutif di daerah yaitu gubernur, bupati dan walikota serta cabang legislatif di daerah yaitu DPRD sangat diperlukan menjamin kelestarian lingkungan hidup di daerah.

Pembangunan daerah akan berhasil dengan baik, jelas Siti, jika terdapat dukungan politik dari DPRD dan kerja keras dari kepala daerah serta jajaran birokrasi yang ada di daerah.

“Pemerintah menghargai upaya dan inovasi yang telah dilakukan jajaran pemerintahan daerah dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup,” ujar Siti.

Apresiasi itu salah satu bentuknya adalah pemberian anugerah Nirwasita Tantra untuk kepemimpinan hijau yang telah berhasil dilakukan oleh banyak kepala daerah dan DPRD.

Siti mendorong untuk para penerima penghargaan untuk terus bergerak untuk melakukan kepemimpinan hijau dan berharap semakin banyak daerah yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan Nirwasita Tantra 20202 diberikan kepada DPRD dan kepala daerah dengan masing-masing memiliki kategori kabupaten/kota kecil, sedang, besar dan kategori provinsi.

Para penerima penghargaan dinilai berhasil dalam mengimplementasikan kebijakan bersifat hijau berupa program kerja dan langkah-langkah kerja serta kegiatan dalam orientasi yang secara ketat menganut prinsip pembangunan berkelanjutan.(Anjas)