Menko PMK: Peran Perawat Sangat Penting Dalam Penanganan COVID-19

oleh -30 views
Jakarta, KRsumsel.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan peran perawat sangat penting dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.
“Peran perawat sangat penting dalam percepatan penanganan COVID-19, baik dalam upaya promotif, preventif maupun kuratif kepada pasien di rumah sakit,” kata Menteri Muhadjir dalam acara Doa Perawat untuk Negeri yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Selasa.

Muhadjir mengatakan bahwa perawat merupakan profesi tenaga kesehatan yang dalam melaksanakan pelayanannya berinteraksi langsung dengan pasien yang terpapar COVID-19. Oleh karena itu, peran perawat sangat penting dalam perang melawan COVID-19.

Selama penanganan COVID-19 tersebut, banyak tenaga medis telah gugur dalam melaksanakan tugas mereka, termasuk 78 perawat yang juga meninggal karena terpapar COVID-19 selama menjalankan tugas mereka.

Untuk itu, Muhadjir menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya para perawat yang telah mengabdikan diri dalam perjuangan menanggulangi wabah COVID-19.

Selain itu, ia juga memberikan apresiasinya kepada para perawat yang sampai saat ini masih terus berada di garis terdepan perjuangan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien COVID-19.

Ia berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat melewati masa sulit melawan COVID-19 dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, sehingga mata rantai penularan COVID-19 dapat segera dihentikan.

“Niscaya pada akhirnya kita bisa memenangi pertempuran melawan COVID-19 secepat-cepatnya dan Indonesia akan terus segera bangkit menjadi negara yang maju, yang memiliki kedaulatan kuat, bermartabat, sejajar dengan bangsa-bangsa maju yang lain di muka bumi ini,” kata Menteri Muhadjir. (Anjas)