Menko PMK Minta Percepat Vaksinasi Booster Tenaga Kesehatan di Sultra

oleh -238 pembaca

 

 

“Kebutuhan vaksinasi di Sultra kurang lebih 4 juta dosis, sementara alokasi vaksinasi baru mencapai 1,3 juta dosis,” kata dia.

 

Dia menjelaskan rendahnya cakupan vaksinasi dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan di provinsi itu karena tidak bisa semua tenaga kesehatan (nakes) langsung disuntik serentak apalagi efeknya dinilai cukup keras.

 

“Karena kalau suntik biasa ada panas, ada gejala-gejala. Jadi pelaksanaannya itu tidak semua satu kali. Misalnya di dalam satu puskesmas ada 10 tenaga kesehatan, maka minimal dua nakes yang disuntik booster, jadi tidak bisa satu kali, kalau disuntik semua satu kali tidak ada yang melayani pasien,” ujar dia.

 

 

 

Usnia menyebut saat ini stok vaksin tersisa 105.000 dosis jenis Sinovac 10 dosis dan 8.352 dosis jenis Sinovac 2 dosis. Sedangkan vaksin jenis AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna saat ini kosong.

 

“Dengan datangnya Pak Menteri mudah-mudahan kebutuhan vaksin kita bisa terpenuhi. Kita akan bersurat kepada PMK karena kita dianggap bagus dalam pelaksanaan vaksin,” kata Usnia.(Anjas)