Mengejutkan, Ditanya Heri Gondrong : Banyak Anak Muda Tak Tahu Hari Lahir Pancasila

oleh -3.945 pembaca

PALEMBANG,KRSumsel.com – Aiptu Heri Kusuma Jaya atau Heri Gondrong menyampaikan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Namun sayang, ternyata banyak muda-mudi tak tahu kapan lahirnya Pancasila sebagai dasar dan juga ideologi negara yang ke 76 tahun.

 

Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, Heri Gondrong lewat akun instagram dan Youtube ‘Sumsel Receh’ bereksperimen. Ia memanggil muda-mudi di Kota Palembang  secara acak.

 

Dalam video terlihat beberapa anak muda dipanggil dan ditanya Hari Lahir Pancasila. Namun miris, beberapa di antaranya tidak tahu kapan lahirnya Pancasila.

 

Padahal sebagai norma dasar (grundnorm) dan sebagai norma fundamental negara (staatsfundamentalnorm), Pancasila sudah menjadi sumber dari segala sumber hukum negara. Termasuk sumber dari pembentukan UUD 1945 sebagai konstitusi bangsa Indonesia.

 

“Kapan hari lahirnya Pancasila?,” tanya Heri Gondrong kepada muda-mudi yang diacak. Di sasaran pertama, dia mengaku lupa dan tidak ingat lahirnya Pancasila, “Lupa Aku..!,” kata wanita tersebut.

 

Terlihat anggota Unit I Subdit I Jatanras itu sedikit kecewa. Namun ia kembali mencari sasaran dan memberikan pertanyaan yang sama, jawaban telak kembali diterima Heri Gondrong.

 

Pria itu menjawab tahun lahirnya Pancasila pada 1945. Tapi saat ditanya tanggal serta bulan, pria itu kembali melanjutkan dengan menjawab “Tanggal 17 Pak,” dan tahunnya ia mengaku lupa.

 

Pria ketiga yang dipanggil secara acak pun kembali memberikan jawaban yang sama. Ia mengaku tidam tahu hari lahir Pancasila pada 76 tahun silam.

 

“Lah, nggak tahu.. . Bagaimana muda-mudi ini tidak tahu. Macet kalau seperti ini,” kata Heri Gondrong dengan bahasa Palembang khas.

 

Target berikutnya juga kembali memberi jawaban yang sama. Ia dengan percaya diri menyebut hari lahirnya pancasila pada 17 Agustus 1945. Sampai akhirnya di targer ke 6 dan 7, Heri Gondrong baru mendapat jawaban yang tepat.

 

Kapan tanggal lahir Pancasila, “Tanggal 1 Juni…..!” jawab gadis berhijab itu dengan lugas. Heri Gondrong kemudian mengaku bangga dengan wanita tersebut.

 

“Wah…. mantab! Ini yang dinamakan anak muda Indonesia,” kata Heri Gondrong usai mendengar jawaban tepat tersebut.

 

Usai kegiatan eksperimen, Heri Gondrong kemudian memberikan sedikit petuah ke kalangan muda-mudi. Ia minta anak muda tidak melupakan sejarah.

 

1 Juni yang jatuh pada hari ini, menurutnya adalah hari bersejarah bagi Indonesia. Di mana, pada 76 tahun silam lahir Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara hingga saat ini menjadi acuan dalam bernegara. (Kiki)