BPJPH Asesmen Lembaga Halal Korea Selatan

user
krsumsel 19 Oktober 2022, 18:36 WIB
untitled

Krsumsel.com - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI melakukan asesmen atas pengajuan akreditasi Korea Muslim Federation (KMF) Korea Halal Authority (KHA) di Daejeon Korea Selatan.

"Korea Muslim Federation (KMF) menjadi lembaga halal luar negeri (LHLN) ketiga yang diasesmen BPJPH. Sebelumnya, BPJPH telah melakukan asesmen kepada Korea Muslim Federation (KMF) dan Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA)," kata Kepala BPJPH Aqil Irham dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (19/10). 

Pihaknya mengapresiasi keinginan KHA untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia. Proses ini menjadi penting bagi kedua negara untuk menjalin hubungan ke depan, khususnya dalam pengembangan industri halal.

"Kami berharap asesmen ini dapat berjalan lancar,"katanya. Menurutnya, proses asesmen berlangsung selama tiga hari, mulai 17-19 Oktober 2022. Aqil menjelaskan proses asesmen yang dilakukan meliputi peninjauan data KHA, wawancara, dan observasi lapangan.

"Wawancara dilakukan kepada manajemen serta auditor halal yang dimiliki KHA,"katanya. Tim Asesmen yang dipimpin Aqil Irham terdiri ata empat anggota yaitu Fertiana Santy, Khaeron Sirin, Adisam, dan Nurhanuddin.

Berdasarkan data Sistem Informasi Halal (SIHALAL), per Oktober 2022 terdapat 97 LHLN dari 41 negara yang mengajukan permohonan akreditasi dan saling berketerimaan dengan BPJPH Kemenag.

Sebelumnya, disampaikan bahwa Indonesia telah memiliki 28 Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) hingga Oktober yang terakreditasi dan siap beroperasi. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih LPH yang akan melakukan audit saat mengajukan sertifikasi halal.

Selain 28 LPH yang siap beroperasi, ada 19 lembaga lain yang sedang dalam proses akreditasi BPJPH. Selain itu, ada juga 22 LPH yang masih dalam tahap verifikasi dokumen, demikian Agill Irham.(net)

Kredit

Bagikan